20 Mei 2024

Gerindra Pecahkan Rekor Golkar, Raih 12 Kursi DPRD OI.

(Foto/ist)

INDRALAYA|KoranRakyat co.id – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten pada Sabtu 2 Maret 2024 lalu.

Berdasarkan hasil rekapitulasi di Tingkat Kabupaten Ogan Ilir ini, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) meraih 12 kursi di DPRD OI dari 40 kursi yang diperebutkan. Hasil ini merupakan sejarah baru karena untuk pertama kalinya ada Parpol yang meraih 12 kursi di DPRD OI, sejak Pemilu tahun 2004. Sebelumnya Partai Golkar pernah meraih 10 kursi yakni pada Pemilu tahun 2009.

Partai Gerindra juga memecahkan rekor, dengan mencatatkan sebagai partai pertama yang meraih 4 kursi pada satu daerah pemilihan (Dapil). Raihan 4 kursi tersebut didapat di Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Indralaya, Indralaya Selatan dan Indralaya Utara. Perolehan 4 kursi dalam satu Dapil ini juga melampaui raihan 3 kursi yang pernah diraih Partai Golkar pada Pemilu tahun 2004 di Dapil 3 meliputi Kecamatan Tanjung Raja dan Rantau Alai (saat itu belum terjadi pemekaran kecamatan) dan pada Pemilu 2019 setelah pemekaran kecamatan. Lalu di Dapil 2 pada Pemilu 2009 meliputi Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Barat, Pemulutan Selatan dan Rantau Panjang.

Selengkapnya dari hasil rekapitulasi DPRD OI yang memperebutkan 40 kursi, Partai Gerindra mampu merebut 12 kursi dari 5 Dapil.

Dapil 1 terdiri dari Kecamatan Indralaya, Indralaya Selatan dan Indralaya Utara, yang memperebutkan 10 kursi, Partai Gerindra meraup 4 kursi (21.730 suara) atas nama Royatuddin, Yansori, Muhammad Ali Hs dan Zulfikar. Selebihnya 6 kursi lagi direbut masing-masing 1 kursi yaitu PKB (Beni Hidayat), PDIP (Wahyudi), Nasdem (Ahmad Syafei), PKS (Asmawi Idris), Demokrat (Thalita Safa) dan PPP (Zahruddin).

Dapil 2, Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Selatan dan Pemulutan Barat sebanyak 7 kursi, Partai Gerindra raih 2 kursi (11.153 suara) atas nama H Edwin Cahya Putra dan Basirun Hadinata. PDIP juga dua kursi (Andika Ismail dan Safari), Nasdem (Rizal Mustofa), PPP (H Sopyan HM Ali) dan Partai Demokrat (Anjas Bagaskara).

Dapil 3 terdiri dari Kecamatan Tanjung Raja, Rantau Panjang, Sungai Pinang, Kandis dan Rantau Alai, dari 10 kursi yang diperebutkan, Partai Gerindra mampu raup 2 kursi (14.235 suara) atas nama Muhammad Iqbal dan Almatiin Tyaradika, Nasdem (Rico Putra), PDIP (Amir Hamzah), Demokrat (Taufik Artama), Golkar (Dwi Rosalina), PPP (A Yadi), PKS (Eko Satria), PAN (Mulyadi Abdullah), dan Hanura (RA Amrina Rosyada).

Dapil 4 terdiri dari Kecamatan Muarakuang, Rambangkuang dan Lubukkeliat yang memperebutkan 6 kursi. Partai Gerindra meraih 2 kursi (9.023 suara), atas nama Joni Sastra dan Hernawan, disusul Partai Nasdem (Ahmad Basri), PKS (M Sayuti), PAN (Arsudin Ruslan) dan PDIP (Hipni).

Dapil 5, Kecamatan Tanjung Batu dan Payaraman, Partai Gerindra berhasil raih 2 kursi (10.252 suara) yakni Rani Susilawati dan Huzaimi, PKS (M Ilham), PDIP (Zainab), Nasdem (Arif Pahlevi), Hanura (Marzuki A Karim), dan PKB (Ahmad Rizky Aditya).

Berkenaan hasil rekapitulasi dengan kemenangan Partai Gerindra di Ogan Ilir ini, Ketua DPC Gerindra Ogan Ilir, H Edwin Cahya Putra, SIP mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Ogan Ilir yang telah memberikan dukungan atas capaian tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang, Pengurus Anak Cabang, Ranting, Kader, Relawan dan simpatisan yang sudah terlibat dalam pemenangan Partai Gerindra,” ujar Edwin.

“Alhamdulillah, hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Semoga nanti sebagai wakil rakyat kami mampu mengemban amanah yang diberikan masyarakat,” kata Edwin.

Dari hasil rekapitulasi suara Pileg tingkat Kabupaten Ogan Ilir diperkirakan partai yang meraih kursi di DPRD OI yakni Partai Gerindra 12 kursi, dari sebelumnya hanya 1 kursi. PDI Perjuangan 6 kursi dari sebelumnya 7 kursi, Partai Nasdem 5 kursi (sebelumnya juga 5 kursi), dan PKS 4 kursi dari sebelumnya 1 kursi. Empat partai inilah yang bisa membentuk fraksi utuh di DPRD OI periode 2024 – 2029.

Selanjutnya PPP 3 kursi (sebelumnya 4 kursi), Partai Demokrat 3 kursi (sebelumnya 2 kursi), PKB 2 kursi (mantap), PAN 2 kursi (sebelumnya 4 kursi), Hanura 2 kursi (mantap), dan Partai Golkar hanya 1 kursi dari sebelumnya 8 kursi.

Kalau diperhatikan dari perkiraan mereka yang terpilih ini, sekitar 50 persen masih wajah lama. Para anggota DPRD OI yang terpilih ini akan dilantik/diambil sumpah pada 18 September 2024 mendatang. (ica)