21 Juli 2024

Panca dan Helmy Bincang Santai Bahas Potensi OI

“Sungguh sebuah kehormatan mendapat kunjungan Bang Helmy Yahya, yang juga putra asli Ogan Ilir.”

Kalimat simpatik ini tertera di dinding medsos Panca Wijaya Akbar, Bupati Ogan Ilir.

Bupati termuda di Sumsel itu bertemu dengan H Helmy Yahya (HY), di Rumdin Bupati OI, di Kawasan Pesona Tanjung Senai, Indralaya, Kamis 2 November 2023.

HY adalah putra OI yang dikenal sukses di Jakarta. HY yang pernah menjadi Direktur Utama TVRI, dikenal sebagai Raja Kuis, Pembawa Acara, Entertain, Trainer, dan Motivator.

Salah satu karyanya adalah menciptakan Kuis Gita Remaja, yang mengorbitkan sang kakak, Tantowi Yahya.
Helmy dan Tantowi memang bersaudara, dan sama-sama sukses di kancah nasional. Helmy di bidang bisnis dan entertain sedangkan Tantowi di politik dan seni.

HY pernah merambah dunia politik, dan mencalonkan diri sebagai Cawagub Sumsel dan Bupati OI, namun belum beruntung. HY pernah menyampaikan tidak lagi ingin mencalonkan sebagai bupati OI. Tapi kali ini, ia mengadu peruntungan sebagai Caleg DPR RI dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dapil Sumsel I, yang meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Muba, Mura, Muratara, dan Kota Lubuklinggau.

Menurut Panca, ia berdiskusi santai penuh keakraban dengan HY, untuk kemajuan Ogan Ilir dari berbagai aspek, mulai dari potensi daerah yang ada, demi mensejahterakan masyarakat dan mengenalkan Ogan Ilir di tingkat nasional.

“Saya mengucapkan terimakasih atas masukan dan saran untuk memajukan Kabupaten Ogan Ilir, Ide ide pengalaman dan networking Bang Helmy Yahya akan sangat membantu untuk kemajuan daerah, semoga kedepannya bisa terus bersinergi,” harap bupati.

Saat silaturrahmi dengan HY, Panca didampingi sang istri dan anaknya.

Pernah di suatu kesempatan saat saya bertemu, Helmy Yahya menyampaikan pemikiran membangun dunia pariwisata OI, karena letak yang berdekatan dengan Kota Palembang.

Helmy menyoroti wisata air, karena Ogan Ilir punya banyak sungai, terutama Sungai Ogan dan Sungai Kelekar yang menarik.

Pemikiran HY ini juga, sejalan dengan apa yang telah dirintis oleh Pemkab OI, dengan menggagas wisata susur sungai dari Desa Sungai Buaya di batas Palembang hingga ke Desa Burai dan Sentul.

Namun rencana ini masih terkendala biaya. Diharapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat membantu pembiayaan ini. Mudah-mudahan melalui tangan dingin Helmy Yahya, rencana ini dapat terealisasi dengan cepat. Apalagi Desa Burai merupakan desa wisata yang pernah meraih juara nasional di bidang ekowisata. Bahkan Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno pernah berkunjung ke Desa Burai. (ica)