15 Juni 2024

Dihadiri Wabup, DPRD Lahat Gelar Paripurna Dengarkan Laporan Hasil Reses Pimpinan dan Anggota Dewan

LAHAT | Koranrakyat.co.id – DPRD Kabupaten Lahat menggelar rapat paripurna VI masa persidangan ke-II Tahun 2023 dengan agenda mendengarkan laporan hasil reses pimpinan serta sejumlah anggota DPRD Lahat di Dapil masing-masing. Paripurna berlangsung di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Lahat, Selasa (14/02/2023)

Rapat dimpimpin langsung Wakil Ketua DPRD Lahat, Gaharu SE, MM, didampingi pawa wakil ketua lainnya. Turut hadir Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM, Sekda Lahat Chandra, SH MM, para anggota DPRD, Dandim 0405 Lahat yang diwakili, Polres Lahat yang diwakili, Kajari Lahat yang diwakili, Assisten, Staf Ahli, Staf Khusus, Kepala OPD serta, Kepala Badan, serta para Camat dan undangan lainnya.

Atas undangan Anggota DPRD Kabupaten Lahat berjumlah 40 orang hanya 23 anggota DPRD yang datang pada acara hari ini, dengan diadakan rapat Paripurna ini supaya bupati lahat tau apa perkembangan dan keluh kesah nya masyarakat

Anggota DPRD, Wirianto SPD, yang berasal dari Dapil 1 Lahat, dalam kesmepatan ini menyampaikan beberapa hal yang perlu perhatian, diantaranya mengenai kehidupan masyarakat yang saat ini banyak tergantung pada sektor pertambangan sebagai buruh. Ia pun mengusulkan sejumlah program dan kegiatan untuk menjadi skala prioritas pembangunan karena dianggap sangat penting.

”KIta perlu mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap sektor pertambangan, dengan mendorong laju produksi sektor unggulan daerah terutama perkebunan, pertanian, perikanan, industri dan pariwisata,” ujarnya.

Pengembangan sektor strategis ini merupakan bagian terpenting dalam upaya meningkatkan daya saing daerah. Termasuk pengembangan industri yang disertai penguatan kapasitas produksi dan pemasaran, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan

Perlu juga dilakukan peningkatan partisipasi masyarakat dalam mensosialsiasikan sektor strategis ini. Sebaliknya perlu juga diberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sektor tambang tidak dapat terus-menerus dijadikan andalan perekonomian. ”Karena itu, pemerintah daerah bersama DPRD Kabupaten Lahat ini, bisa membantu program-program yang ada di desa,” tegasnya.

Sementara itu, Ismail Arifin, Anggota DPRD dari Dapil 3 Lahat juga menyampaikan hasil resesnya. Pertama mengenai infrastruktur, sektor keamanan, pertanian dan perkebunan, serta bidang kepemudaan dan olahraga.

”Tidak akan saya bacakan semua karena semuanya tertulis cukup panjang. Namun, perlu saya sampaikan pada pemerintah Kabupaten Lahat khususnya di Dapil 3 ini, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Kabupaten Lahat karena sekarang ini ada perbaikan jalan dari Desa Mulak Ulu sampai Simpang Muara Danau, dan kini jalan sudah mulai lebar dan membaik,” ujarnya.

Ismail jga mengatakan, belum lama ini, ia melakukan pertemuan dengan masyarakat di Kecamatan Tanjung Tebat membahas masalah lampu jalan. ”Sampai sekarang, kalau malam hanya ada cahaya bulan dan bintang- bintang yang menerangi daerah itu,” ujarnya.

Ia kemudian menyimpulkan bahwa masyarakat di Kecamatan Dapil 3, masih mempunyai permasalahan yang kompleks. ”Karena itu diharapkan kepada pemerintah daerah dapat memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di wilayah kecamatan daerah pemilihan Kami berharap semoga kedepannya lebih baik lagi,” paparnya.

Selanjutnya Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM, dalam sambutannya mengatakan menyambut baik informasi hasil reses yang disampaikan anggota DPRD Lahat dalam paripurna ini. ”Bahwa reses memang merupakan manifestasi kewajiban pimpinan dan anggota DPRD untuk melaksanakan komunikasi dua arah dengan konstituen melalui kunjungan kerja di daerah pemilihan,” katanya.

Menurutnya, masil reses yang disampaikan DPRD Kabupaten Lahat akan menjadi perhatian eksekutif, guna mengembangkan terwujudnya demokrasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lahat. Sebab, hasil reses adalah masukan yang langsung didengar, dilihat dan dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Lahat.

”Jadi kami meyakini hasil reses yang terwujud, dapat lebih meningkatkan rasa pengabdian dalam menunaikan amanat rakyat, selanjutnya Pemerintah Kabupaten Lahat akan ikut andil mewujudkannya dalam bentuk,”ucapnya. (sistri)