19 Juli 2024

Puncak Festival Kurikulum Merdeka 2024 : Hadirkan Potret Pembelajaran Menyenangkan

Jakarta. KoranRakyat.co.id   —Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Puncak Festival Kurikulum Merdeka dan Anugerah Merdeka Belajar pada Jumat (5/7/2024) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.
Kegiatan ini menjadi ruang inspirasi, ekspresi, dan edukasi bagi seluruh pemangku kepentingan pendidikan dan insan pendidikan.

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumsel patut berbangga karena pada puncak acara ini, lima pemerintah daerah mendapat berbagai penghargaan atas capaian kinerja dalam transformasi pembelajaran dan kontribusi pengiriman karya pada Potret Cerita Kurikulum Merdeka 2024.

ist

Menurut rilis BPMP Provinsi Sumatera Selatan yang sampai ke redaksi KoranRakyat.co.id, Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Kategori Transformasi Pembelajaran Kelompok Pemda Inspiratif (Kabupaten Daerah Tertinggal) diberikan kepada Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara, H Devi Suhartoni selaku Kepala Daerah Pemda Kabupaten Musi Rawas Utara.

Selanjutnya, empat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel juga mendapat apresiasi atas berbagai partisipasi aktif dalam menyukseskan Festival Kurikulum Merdeka dan Potret Cerita Kurikulum Merdeka 2024.

Yaitu, pertama, Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir mendapat penghargaan sebagai Terbaik 2 Nasional dan Terbaik 1 tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Kedua, Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas meraih penghargaan Terbaik 5 Nasional dan Terbaik 2 se-Provinsi Sumatera Selatan, diikuti oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin sebagai Terbaik 8 Nasional dan Terbaik 3 se Provinsi Sumatera Selatan, serta Dinas Pendidikan Kota Palembang sebagai Terbaik 10 Nasional dan Terbaik 4 se-Provinsi Sumatera Selatan.

ist

Penghargaan juga diberikan kepada siswa dan orang tua siswa. Jessica Putri Angelina dari SMP Negeri 1 OKU Timur dan Sri Mayawati dari SLBN Lahat berupa masing-masing karya foto peserta didik dan  video cerita orang tua yang terpilih menjadi bagian dari 46 karya potret cerita terbaik yang tampil mewakili Provinsi Sumatera Selatan di gelaran bergengsi Kemdikbudristek yang berskala nasional tersebut.

Turut hadir pada Puncak Acara Festival Kurikulum Merdeka dan Anugerah Merdeka Belajar 2024 yaitu perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yaitu Kepala BPMP, PDM 02, PDM 07, kepala sekolah dan siswa dari SMP Negeri 1 OKU Timur dan SLBN 1 Lahat, merasakan langsung kemeriahan dan kebahagiaan atas hasil yang dicapai.

Puncak Festival Kurikulum Merdeka juga diisi dengan Gelar Wicara, Pameran Program Prioritas Kemendikbudristek, Komunitas Pendidikan dan Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang semakin memperkaya pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. (*/Sar)