19 Juli 2024

Sebanyak 110 Lulusan SMAN Satrya Diterima di PTN

INDRALAYA|KoranRakyat co. id – Luar Biasa! Pantaslah para tamatan SLTP di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumsel, berduyun-duyun ingin masuk SMA Negeri 1 Indralaya (Satrya), karena semakin tahun lulusan SMAN yang terletak di jantung kota Indralaya ini semakin banyak yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Untuk tahun ajaran 2024/2025 ini dari 273 siswa kelas XII, sebanyak 110 orang yang diterima di PTN.

Menurut Kepala SMAN 1 Indralaya, Pudyo Laksono, S. Pd didampingi Wakil Bidang Kesiswaan, Maghpir, M. Pd. I, Jumat 14 Juni 2024, rinciannya sebanyak 45 orang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang juga sering disebut jalur undangan. Kemudian 59 orang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), serta 6 orang diterima melalui Penelusuran Minat Dan Prestasi (PMDP).

Ditambahkan Soni, begitu sapaan akrab Pudyo Laksono, mereka yang diterima di PTN ini mayoritas masuk Universitas Sriwijaya (Unsri), di berbagai fakultas/jurusan. Selain itu ada juga yang diterima di Institut Teknologi Sumatera (Itera), Politeknik Negeri Sriwijaya, Poltekkes Palembang, Universitas Lampung (Unila), dan Universitas Bangka Belitung.

Pudyo Laksono bersyukur, cukup banyak anak didiknya yang diterima di PTN ini. Ia berharap masih ada yang nanti diterima melalui jalur mandiri, atau diterima di pendidikan kedinasan.

Sebagai guru dan pendidik, tiada kebahagiaan yang melebihi selain anak didik sukses dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ujar Soni.

Ucapan syukur juga datang dari Ketua Komite SMAN 1 Indralaya, Drs H Iklim Cahya, MM. Menurut mantan Ketua DPRD Ogan Ilir ini, keberhasilan tersebut sebagai bukti bahwa proses belajar mengajar di SMAN Satrya sudah on the track.

Iklim Cahya berharap keberhasilan tersebut, semakin memacu semangat para guru dan siswa untuk lebih tekun, sehingga di tahun mendatang lulusan yang diterima di PTN lebih meningkat lagi. (ica)