21 Juli 2024

Perantau Asal Meranjat Antusias Hadiri HBH BERUMA

PEMIRI|KoranRakyat co.id – RIBUAN orang menghadiri acara Silaturrahmi Akbar, Halal Bihalal (HBH) dan Pengukuhan organisasi BERUMA (Beroyot Urang Diri Meranjat) yang dipusatkan di Lapangan Bola Pemiri Desa Meranjat I Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu 13 April 2024. Ratusan diantaranya para perantau asal Meranjat yang sudah menetap di berbagai kota dan daerah di Indonesia, bahkan ada yang dari Malaysia.

Kegiatan yang “disponsori” organisasi BERUMA ini, dihibur oleh musik organ tunggal (OT), musik Tanjidor, dan seni rodat, yang membuat para penghadir riang gembira.

Selain itu juga disajikan menu khas Desa Meranjat seperti pindang, gangan gelayan dan pekasam (bekasam). Kemudian juga ada berbagai jenis kue yang merupakan makanan khas dari zaman biloni ( lama), mulai dari apam, juada loyak, gandus, kumbu kacang, gomak, dan kepalan, serta lakso dan bogro.

Para perantau yang hadir dari berbagai daerah seperti dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Malang, Batam, Jambi, Lampung, Bengkulu, Bangka, serta ada juga perantau dari Malaysia.

Selain yang hadir langsung, juga ada yang mengikuti siaran secara live streaming dari Surabaya, Malaysia, bahkan dari Madinah, karena sedang umroh.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pengukuhan organisasi BERUMA. Pengukuhan tersebut ditandai pemotongan tumpeng dan penanda-tanganan sertifikat. Mereka yang membubuhkan tanda tangan di sertifikat tersebut yakni H Najib Asmani (Ketua Dewan Pengarah), Hj Nurhana Latif (Penasihat), H Iklim Cahya (Ketua Umum), H Endang PU Ishak (Sekretaris), Hj Telly Ulviana Siwi (Bendahara) yang diwakili Hj Linpatralisda, serta H Sahlan Effendi (perwakilan perantau). Juga disaksikan tiga Kepala Desa yakni Fahrul (Desa Meranjat I), Dedi Iskandar (Meranjat II), dan Ikmal M Zaman (Meranjat Ilir). Kemudian juga turut menyaksikan dua tokoh masyarakat yakni H RM Zaini, SH, MH, dan H Sofyan Hamid.

Di arena HBH tersebut juga digelar bazar yang menjual berbagai produk kuliner Meranjat, serta alat-alat pertanian.

Sebagai bagian dari acara, juga digelar hiburan yang menampilkan berbagai generasi yang hadir dari mereka yang lahir tahun 1940-an hingga tahun 2.000-an. Sejumlah lagu-lagu Meranjat yang pernah dipopulerkan Himpunan Remaja Meranjat (HIRMA) akhir tahun 1970-an hingga tahun 1980-an, seperti lagu Linjang Bungaran, Bujang Tuo, dan Datuk Meranjat kembali ditampilkan.

Acara hiburan semakin semarak dengan kedatangan Cek Maria dan Rekan yang sering tampil di PalTV, yang mendampingi tiga MC lainnya yakni Nini Harun, Erika, dan Cecep.

Dari berbagai komentar mereka yang hadir, terkesan rasa puas, karena selain bisa pulang kampung, juga banyak bertemu teman lama yang sudah lama tidak bertemu. Para penghadir juga berharap ke depan, BERUMA punya program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. (Ica)