4 Februari 2023

Wabup Muaraenim Terpilih Dijadwalkan Dilantik 20 Januari 2023

PALEMBANG||KoranRakyat co.id – TEKA – TEKI pelantikan Wakil Bupati Muara Enim terpilih H Ahmad Usmarwi Kaffah, SH, LLM, P.hd akhirnya terjawab. Menurut rencana H Usmarwi Kaffah akan di lantik, Jumat 20 Januari 2023 bertempat di Griya Agung, Palembang.

Rencana tersebut seperti dikutip dari media Sumsel Today di ungkapkan oleh Hadiono, Wakil ketua DPRD Muara Enim saat di konfirmasi, Rabu, 18 Januari 2023.

” Ya, pada prinsifnya, dari hasil rapat terbatas di kantor Pemprov hari ini, antara Pj Bupati Muaraenim dan Wakil Bupati terpilih sudah sepakat bahwa pelantikan Wakil Bupati akan dilaksanakan hari Jumat siang, usai Sholat Jumat di Griya Agung. Hal tersebut sudah dilaporkan kepada Biro OTDA (Otonomi Daerah Kemendagri), ” ujar Hadiono melalui sambungan telepon.

” Alhamdulillah dari hasil laporan kami, Biro OTDA akan segera malapor ke pimpinannya dan akan segera mempersiapkan segala administrasi untuk pelantikan hari Jumat besok, ” tukasnya.

Sementara Zulharman ST, anggota DPRD Muara Enim dari partai pengusung calon Wabup mengungkapkan hal senada dengan apa yang disampaikan oleh Hadiono. Dimana, lanjutnya, Gubernur Sumsel H Herman Deru setelah rapat dengan Forkopimda Muaraenim hari ini, menyepakati tanggal pelantikan Wakil Bupati H Ahmad Usmarwi Kaffah sekaligus akan menjadi Plt bupati Muaraenim masa jabatan 2018-2023, pada hari Jumat, 20 Januari 2023.

” Harapan kami dan masyarakat Muaraenim kiranya dapat segera terealisasi, tidak ada hambatan lagi dalam pelantikan ini, sehingga kabupaten Muaraenim memiliki Wabup sekaligus Plt bupati yang legitimet ,” pungkasnya.

Sementara dikutif dari Sumselupdate.com, nama Ahmad Usmarwi Kaffah memang baru terdengar di kalangan masyarakat Muaraenim. Namun sosok Ahmad Usmarwi Kaffah ternyata adalah alumni terbaik dan tercepat University of Aberdeen, sebuah universitas terkemuka dan tertua ke lima di Inggris.

Sebelum terjun ke dunia politik, sosok yang akrab disapa Kaffah ini ternyata juga pernah tinggal dan bekerja di luar negeri, tepatnya di Aberdeen, Inggris. Bahkan, ketiga buah hatinya lahir di Aberdeen, Inggris. Namun karena kecintaannya terhadap tanah air, ia pun memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Ia bergabung dengan Partai Demokrat. Di Partai Demokrat, Kaffah dipercaya oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Deputi Badan Hukum dan Pengamanan Partai (BHPP) DPP Partai Demokrat.

Ia mendapatkan rekomendasi tiga partai pengusung yakni Demokrat, PKB dan Hanura untuk jadi calon wakil bupati Muaraenim. Dan pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Muara Enim ke XVII, Kaffah akhirnya ditetapkan sebagai Wakil Bupati Muaraenim terpilih masa jabatan 2018-2023, usai mendapat 35 suara.

Pria yang bernama lengkap Ahmad Usmarwi Kaffah, SH., LL.M (Bham)., LL.M (Abdn)., PhD, lahir di Palembang pada 26 Januari 1989 silam, buah hati dari pasangan Prof. DR H Fachrurozi Syarkowi dan Reni Marsiana.

Saat ini, Kaffah dan istrinya Nurul Vita Utami telah dikaruniai tiga orang anak, masing-masing Ahmad Ashraf Edgbastan Kaffah, Harvard Ahmad Kaffah dan Shahnaz Aberdeena Kaffah.

Menjalani masa kecil di Kota Palembang, Kaffah mengenyam pendidikan dasar di SD Islam Az-Zahrah dan melanjutkan ke SMP Islam Az-Zahrah 2, kemudian ke SMA Negeri 10 Palembang.

Dirinya merupakan lulusan Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum dan Bisnis Universitas Sriwijaya tahun 2011.

Kaffah kemudian melanjutkan magister (S2) di dua universitas di Inggris yakni S2 jurusan General (International, Criminal and Human Rights Law) University of Birmingham (2014) dan serta S2 Energy Law di University of Aberdeen (2016).

Tahun 2019, Kaffah melanjutkan pendidikan S3 di Universitas of Aberdeen Inggris dan lulus pada tahun 2021 dengan predikat lulus terbaik dan tercepat.

Fokus Lanjutkan Visi-Misi Ahmad Yani-Juarsah
Usai terpilih menjadi Wakil Bupati Muaraenim, Ahmad Usmarwi Kaffah menegaskan dirinya akan melanjutkan visi misi dan program kerja yang telah dirumuskan oleh Bupati Ahmad Yani dan Wabup Ahmad Juarsah.

Menurut Kaffah, visi dan misi yang telah disusun oleh Ahmad Yani dan Ahmad Juarsah adalah hal terbaik untuk Kabupaten Muaraenim.

“Tugas kita saat ini, yakni program kerja yang baik kita lanjutkan, dan program kerja yang belum baik, kita perbaiki,” tegas Kaffah usai sidang Paripurna ke XVII di Gedung DPRD Muaraenim, 6 September 2022 lau. (**/ica)

Lewat ke baris perkakas