4 Februari 2023

Pelantikan Wabup Muaraenim Terpilih Dipastikan 25 Januari 2023

PALEMBANG||KoranRakyat co.id – WAKIL Bupati Muaraenim terpilih, H Ahmad Usmarwi Kaffah, SH, LLM, P.hd dipastikan akan dilantik tanggal 25 Januari 2023 di Griya Agung, Palembang.

Kepastian tersebut disampaikan Gubernur Sumsel, H Herman Deru menjawab wartawan usai menghadiri Pembukaan Liga Bola Volly Sumsel di Palembang, Sabtu 21 Januari 2023, seperti dikutip LamanQu.id

“Pelantikan Wabup Muaraenim terpilih sudah fix, jadwalnya sudah saya paraf hari Rabu tanggal 25 Januari 2023 di Griya Agung,” tukas Herman Deru.

Pernyataan Gubernur Sumsel tersebut memperkuat informasi yang disampaikan sumber KoranRakyat co.id di Pemprop Sumsel beberapa hari lalu. Bahwa pelantikan tersebut dijadwal ulang. Insya Allah pekan depan,” ujarnya. Ternyata memang benar bahwa Wabup Muaraenim terpilih akan dilantik tanggal 25 Januari 2023, seperti yang ditegaskan Gubernur Herman Deru tersebut.

Sebelumnya dijadwalkan Wabup Muaraenim terpilih ini dilantik tanggal 20 Januari 2023, namun tertunda. Menyikapi penundaan tersebut, Uswarni Kaffah melihatnya dengan positif thinking. Bagi dirinya hal tersebut bukan penundaan, tapi hanya pengaturan waktu supaya terjadi kondusifitas.

Ahmad Usmarwi Kaffah adalah alumni terbaik dan tercepat University of Aberdeen, sebuah universitas terkemuka dan tertua ke lima di Inggris.

Sebelum terjun ke dunia politik, sosok yang akrab disapa Kaffah ini ternyata juga pernah tinggal dan bekerja di luar negeri, tepatnya di Aberdeen, Inggris. Bahkan, ketiga buah hatinya lahir di Aberdeen, Inggris. Namun karena kecintaannya terhadap tanah air, ia pun memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Uswarni Kaffah kemudian bergabung dengan Partai Demokrat. Ia mendapatkan rekomendasi tiga partai pengusung yakni Demokrat, PKB dan Hanura untuk jadi calon wakil bupati Muaraenim. Dan pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Muara Enim ke XVII, Kaffah akhirnya ditetapkan sebagai Wakil Bupati Muaraenim terpilih masa jabatan 2018-2023, usai mendapat 35 suara.

Pria yang bernama lengkap Ahmad Usmarwi Kaffah, SH., LL.M (Bham)., LL.M (Abdn)., PhD, lahir di Palembang pada 26 Januari 1989 silam, buah hati dari pasangan Prof. DR H Fachrurozi Syarkowi dan Reni Marsiana.

Saat ini, Kaffah dan istrinya Nurul Vita Utami telah dikaruniai tiga orang anak, masing-masing Ahmad Ashraf Edgbastan Kaffah, Harvard Ahmad Kaffah dan Shahnaz Aberdeena Kaffah.

Menjalani masa kecil di Kota Palembang, Kaffah mengenyam pendidikan dasar di SD Islam Az-Zahrah dan melanjutkan ke SMP Islam Az-Zahrah 2, kemudian ke SMA Negeri 10 Palembang.

Dirinya merupakan lulusan Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum dan Bisnis Universitas Sriwijaya tahun 2011.

Kaffah kemudian melanjutkan magister (S2) di dua universitas di Inggris yakni S2 jurusan General (International, Criminal and Human Rights Law) University of Birmingham (2014) dan serta S2 Energy Law di University of Aberdeen (2016).

Tahun 2019, Kaffah melanjutkan pendidikan S3 di Universitas of Aberdeen Inggris dan lulus pada tahun 2021 dengan predikat lulus terbaik dan tercepat. (*/hm/ica)

Lewat ke baris perkakas