4 Februari 2023

Anggota PWI Harus Jadi Contoh dalam Kerja Jurnalistik

PALEMBANG|KoranRakyat co.id – PARA wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) harus menjadi contoh yang baik dalam kerja-kerja jurnalistik. Yakni dalam menjalankan tugas dan fungsi pers, senantiasa mempedomani kaidah jurnalistik serta kode etik.

Ajakan dan harapan tersebut disampaikan Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar, S.Pd, M.Si saat berbicara pada Diskusi Refleksi Akhir Tahun 2022, di Kantor PWI Sumsel, Sabtu malam 31 Desember 2022.

Pada malam pergantian tahun 2022/2023 tersebut, Pengurus PWI Sumsel menggelar pengajian bersama serta Diskusi Refleksi Akhir Tahun.

Diskusi Refleksi Akhir Tahun 2022 ini menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar Spd MSi, Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri S.Sos, dan Ketua LBH PWI Sumsel, Mulyadi SH.

“Seluruh pengurus dan anggota hadir pada malam ini, bahkan ada Ketua PWI dari kabupaten/kota di Sumsel juga hadir.

“Alhamdulilah kita mengucap syukur tahun 2022 ini Gedung PWI Sumsel yang ditempati ini bisa lebih bagus saat ini, dengan renovasi bantuan dari Pemprov Sumsel,” kata Firkom, sapaan akrab Firdaus Komar.

Ia menambahkan bahwa laporan penggunaan dana renovasi ini, termasuk biaya mengikuti Porwanas juga sudah selesai.

Firkom mengatakan, ini menjadi momen bagi seluruh pengurus PWI Sumsel untuk mengevaluasi kinerja yang sudah memasuki tahun ke-4 ini.

“Berharap, di tahun depan, akan lebih baik hingga akhir kepengurusan nanti,” kata dia.

“Ada 3 hal yakni pertama kita harus menghibahkan waktu. Kedua kita harus menghibahkan sumber daya (resources) yang kita punya. Ketiga, kita menghibahkan gagasan/ide. Gagasan ini penting dalam mendinamisasi organisasi,” imbuhnya.

Ia juga mengimbau para anggota PWI harus memberi contoh yang baik dalam kerja-kerja jurnalistik.

“Kita sudah punya pedoman, dalam melaksanakan fungsi pers harus sesuai kaidah jurnalistik dan kode etik jurnalistik,” tutur kandidat Doktor ini. (rel/ica)

Lewat ke baris perkakas