5 Februari 2023

Ki Mudrik Pompa Mental Juara Peserta MTQ Sumsel

BANJARMASIN | Koran Rakyat. co.id – Selain kemampuan teknis, mentalitas peserta juga menjadi kunci untuk mencapai prestasi yang ditargetkan. Karena itu Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori, tak jemu-jemu memompa semangat dan mentalitas peserta yang akan berlomba pada ajang MTQN XXIX Tahun 2022 di Bumi Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan.

Seusai melakukan olahraga pagi di depan markas kafilah Sumsel, Hotel Tree Park Banjarmasin, Selasa 11 Oktober 2022. Ki Mudrik Qori langsung melakukan brifing dengan peserta MTQ Sumsel. Ia memberikan motivasi untuk memompa semangat dan mentalitas peserta. “Kalian bukan hanya mewakili diri sendiri atau keluarga, tapi kalian mewakili sekitar 8,5 juta penduduk Sumsel, artinya kalian mewakili provinsi untuk mengharumkan nama besar Sumatera Selatan,” ujar Mudrik.

Karena itu ia berharap semua peserta mempunyai pemahaman yang sama, akan besarnya tanggung jawab untuk menjadi yang terbaik. “Kalian sudah teruji karena merupakan pemenang di tingkat kecamatan, lalu tingkat kabupaten/kota, dan terakhir menjadi pemenang pada MTQ provinsi. Karena itu kalian sejajar dengan peserta dari provinsi-provinsi lainnya. Justru itu jangan gentar, jangan kalah mental, dan jangan pesimis, apalagi Sumsel merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang pernah berjaya menguasai Nusantara. “Siapa kita”? Ujar Mudrik. “Kita adalah Sang Juara,” jawab para peserta dengan semangat.

Kiai Mudrik Qori lebih lanjut juga meminta, agar saat tampil dapat menjaga perasaan dan hati supaya tenang, percaya diri, dan optimis. Sikap ini sangat diperlukan supaya semua kemampuan tereksplore secara maksimal. Juga jangan lupa berdoa saat menjelang tampil.

Pada MTQ Nasional XXIX di Kalsel ini, kafilah Sumsel ditargetkan minimal masuk 10 besar nasional. Syukur-syukur kalau mencapai rangking lebih baik lagi.

Target ini untuk memperbaiki nama Sumsel di kancah MTQN, karena pada MTQN di Sumbar tahun 2020 lalu, rangking Sumsel merosot ke nomor 24 nasional.

Untuk itulah selama 4 bulan sejak Juni 2022 lalu, dilakukan pelatihan (training center) secara maraton, baik virtual maupun offline, baik di daerah maupun di Jakarta dengan mengundang pelatih berkelas.

Selain memotivasi para peserta dan pelatihnya, Kiai Mudrik Qori dan para pengurus LPTQ Sumsel lainnya, Senin 10 Oktober 2022, menyempatkan diri berziarah ke makam ulama kesohor Kalsel yakni KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang lebih dikenal dengan kiai Sekumpul, juga ke makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di Kabupaten Banjar Kalsel. Selain mendoakan kedua ulama kondang tersebut, juga berdoa kehadirat Allah SWT, semoga melalui karomah kedua ulama tersebut, kafilah Sumsel dapat meraih prestasi terbaik. (ica)

Lewat ke baris perkakas