4 Februari 2023

Semua Peserta MTQ Sumsel Lolos Registrasi

BANJARMASIN | KoranRakyat. co.id – SEMUA peserta Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Nasional (MTQN) XXIX utusan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dinyatakan lolos registrasi dan berhak untuk tampil pada lomba-lomba MTQN.

Kepastian tersebut setelah para peserta selesai mengikuti registrasi/pendaftaran secara langsung (offline), Selasa 11 Oktober 2022.

Peserta MTQN dari Sumsel mendapat giliran registrasi pada pukul 08.30 Wita bertempat di Asrama Haji Kalsel. Semua peserta dipimpin Ust Ahmad Iskandar Zulkarnaen, Ust Muammar, Ust Abdurrahman Ramli, Ust Khomsun Isnanto, ust Mustafa Kamal dan ust Sunbahar, secara satu persatu diperiksa persyaratan administrasinya oleh Panitia MTQN XXIX Kalsel, termasuk diambil bukti sidik jari. Dan setelah semuanya selesai, lalu diumumkan bahwa semua peserta yang berjumlah 54 orang dinyatakan memenuhi persyaratan dan berhak ikut lomba. Lomba-lomba MTQ baru akan dimulai setelah MTQN XXIX dibuka Presiden RI, Rabu 12 Oktober 2022 pukul 19.00 Wita.

Pada MTQN ini Sumsel mengirim sebanyak 54 orang utusan putra – putri, yang akan mengikuti seluruh cabang dan golongan yang dilombakan pada MTQN, 13 – 18 Oktober 2022.

Perlombaan yang terdiri dari 8 cabang dan 23 golongan, akan menempati 12 venue/lokasi di tiga kota yakni di Kota Banjarmasin (2 venue), Kota Banjar Baru (4 venue) dan di Kabupaten Banjar termasuk di Martapura (6 venue).

Setelah melakukan registrasi, sebagian peserta juga ada yang langsung meninjau venue/tempat perlombaan dan menjajalnya. Seperti dilakukan peserta dari cabang Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) dan cabang Khotil Quran (Seni kaligrafi Alquran). Namun tidak semua venue bisa dikunjungi karena menjelang kedatangan Presiden, penjagaan oleh aparat keamanan diperketat. Begitu juga para undangan/kafilah yang diperbolehkan menghadiri upacara pembukaan (opening ceremony) dibatasi 15 orang per kafilah. Dan harus sudah tes PCR kendati sudah divaksin booster. Ketua harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori dan sejumlah official, Selasa 11 Oktober 2022 mengikuti tes PCR di Kantor Bapelkes Banjarbaru.

Selain itu agenda MTQN XXIX hari Selasa 11 Oktober 2022 adalah pawai ta’aruf yang menampilkan kendaraan hias dari berbagai provinsi peserta MTQN, untuk Sumsel menampilkan duplikasi jembatan Ampera. Lalu Pembukaan Pameran dan Bazar UMKM, pelantikan Dewan Hakim MTQN serta malam taaruf yakni jamuan makan malam serta ramah tamah dengan Gubernur Kalsel H Sahbirin selaku tuan rumah MTQN XXIX tahun 2022.

Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori menyatakan kondisi seluruh peserta saat ini siap untuk ikut lomba. Mereka terus melakukan latihan pemantapan di bawah bimbingan pelatih masing-masing yang mendampingi hingga akhir MTQN. (ica)

Lewat ke baris perkakas