Press "Enter" to skip to content

Kelompok Tani Lahat Dapat Bantuan Alsintan dari Bupati

LAHAT | Koranrakyat.co.id  — Bupati Lahat Cik Ujang, SH, memberikan bBantuan Alat  Mesin Pertanian (Alsintan) Kepada Kelompok Tani di Kabupaten Lahat hari ini Jum’at (17/05) di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Lahat.

Penyerahan bantuan secara Simbolis itu dihadiri juga oleh unsure Forkopimda Kabupaten Lahat,  Staf Ahli, para Assisten, para kelompok tani dari berbagai desa di Kabupaten Lahat.

Bupati Lahat foto bersama

Martin selaku anggota kelompok tani yang mewakili para petani mengatakan atas nama kelompok petani mengucapkan terima kasih atas bantuan yang di berikan kepada petani. Oleh karena itu para petani merasa tertolong dan merasa sangat diperhatikan oleh pemerintah berkat adanya bantuan seperti ini,apalagi kelompok tani dari  Tanjung Sakti yang selama ini sangat sulit untuk mendapatkan bantuan.

Dilanjutkanya dengan bantuan ini sebagai bukti pemerintah sangat memperhatikan para petani yang ada di Kabupaten Lahat.Para petani berharap semoga kehidupan  petani semakin sejahtera dan untuk kedepan dapat bantuan kembali.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat Ir.Agustia Budiman,MM dalam laporanya mengungkapkan bahwa luas lahan pertanian yang ada di Kabupaten Lahat saat ini sekitar 17.158 hektar yang ditanami jagung,padi dan kedelai.Sedangkan untuk saat ini Kabupaten Lahat mendapat predikat no 2 se-Sumatera Selatan dengan hasil padi sekitar 5,2 per hektar.

Adapun bantuan yang di berikan pada hari ini berupa13 handtraktor,3 unit multifator,11 unit pompa air,1 unit terpal jemur.Beliau berharap agar petani yang mendapatkan bantuan ini dapat memanfaatkanya dengan sebaik-baiknya.

“Untuk para petani tolong agar dapat menjaga alat-alat pertanian ini yang di berikan dan kami siap menerima saran dan arahan dari pihak pemerintah maupun para petani yang ada di Kabupaten Lahat.”ungkapnya

Bupati Lahat Cik Ujang,SH dalam arahanya menyampaikan agar kepada Dinas Pertanian agar selalu terus meningkatan pelayanan terbaik kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Lahat, sehingga pertanian di Kabupaten Lahat dapat mendukung dan mensejaterahkan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Lahat.Dan juga kepada Kelompok Tani agar kirannya dengan menerima bantuan alat pertanian ini kirannya dapat di jaga dan dirawat.

“Saya berpesan untuk para kelompok tani di Kabupaten Lahat  nantinya akan sejatera dengan adanya alat pertanian ini dan juga dapat mengerjakanya dengan sebaik-baiknya.”pesanya

Sedangkan Kasi Alsintan Sri Agustina,SP.MM   juga menyampaikan alat pratanam yang diserahkan berupa 13 Unit traktor roda dua, 11 unit pompa air, 3 unit kultivator  dan  28 terpal jemur yang akan kita bagikan kepada kelompok tani.Dengan alat pertanian bantuan pemerintah ini menggunakan sistim brigade yang artinya alat bantuan yang di serahkan oleh pemerintah dapat di pergunakan oleh petani lain dengan sistim sewa atau pinjam dengan syarat peminjan atas nama kelompok tani,

” Dengan adanya bantuan ini agar dapat menunjang program pajale  ( padi, jagung dan kedele) yang dicanangkan pemerintah, dan pergunakanlah alat  semaksimal mungkin sesuai dengan sektornya dibidang pertanian, ” tutupnya. — Lili/Wandra

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *