16 Juni 2024

Ogan Ilir Rebut Juara Umum Kejurprov Para Bulutangkis Sumsel 2024

INDRALAYA|KoranRakyat co. id – Tim Para Bulutangkis Kabupaten Ogan Ilir (OI) sebagai tuan rumah Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Para Bulutangkis tahun 2024, berhasil menyabet posisi juara umum. Kejurprov tersebut dipusatkan di GOR Ponpes Raudhatul Ulum Sakatiga Kecamatan Indralaya , Kabupaten Ogan Ilir Sumsel, 7 – 8 Juni 2024.

Kejurprov Para Bulutangkis Tahun 2024 berlangsung selama dia hari ini, diikuti atlet National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan Road to PEPARNAS Surakarta/Solo, Oktober 2024 mendatang.

Kejurprov Para Bulutangkis tersebut mempertandingkan 13 klasifikasi atau nomor, diantaranya adalah Ganda Putra L3/L4, Ganda Campuran, Ganda Upper 5 Putri, Ganda Upper 5 Putra, Tunggal Putra Upper 5, Tunggal Putra L 3 Putra, Beregu Putra, Tunggal Putri L 3, Tunggal SS 6 Putra, Tunggal Putra SL 4, Tunggal WCH Putra, Tunggal Putri Upper 5 danTunggal Putri SL 4.

Dari 13 nomor yang dipertandingkan ini, perolehan medali terjadi kejar-kejaran antara Kabupaten Ogan Ilir, Muara Enim dan Kota Prabumulih, semuanya meraih 4 Medali Emas, hanya selisih pada Medali Perak dan Perunggu saja.

Hanya terpaut selisih satu Medali Perunggu saja dengan Kabupaten Muara Enim dan Kota Prabumulih, Kontingen tuan rumah Kabupaten Ogan Ilir berhasil menjadi Juara Umum.

Kabupaten Ogan Ilir sebagai juara umum mengantongi sebanyak 4 Medali Emas, 2 Perak dan 2 Perunggu. Lalu untuk Runner up diraih Kabupaten Muaraenim dengan mengantongi 4 Medali Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu. Sedang diposisi ketiga ditempati Kota Prabumulih dengan perolehan 4 Emas dan 2 Perunggu.
Sementara Kabupaten Musi Banyuasin hanya mampu memperoleh 1 Medali Emas diurutan keempat.

Sebagai Juara Umum, Kontingen Kabupaten Ogan Ilir mendapatkan Tropi bergilir dari NPCI Sumatera Selatan. Selain itu, masing-masing Juara, mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan.

Adapun peraih Medali Emas diberikan uang pembinaan sebesar Rp.1.250.000, Medali Perak sebesar Rp.750.000 dan Medali Perunggu mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.500.000. Sementara peraih Medali Emas Beregu Putra mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.2.500.000.

Closing Ceremony dan pembagian Medali pada Kejurprov Para Bulutangkis Road to PEPARNAS Solo di Kabupaten Ogan Ilir pada Pukul 00.30 WIB, dikarenakan pertandingan dari semua klasifikasi baru selesai Pukul 23.45.WIB.

Ketua NPCI OI, Safarudin Gultom mengatakan, sebagai tuan rumah memohon maaf kepada semua atlet dan Official, bila selama pelaksanaan Kejurprov ini banyak kekurangan dan kesalahan. “Kami semua sudah berupaya berbuat yang terbaik untuk pelaksanaan ini,” jelas Safaruddin.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua panitia yang sudah bekerja keras siang malam untuk menyukseskan Kejurprov Tahun 2024 ini. Kemudian terima kasih juga kami sampaikan kepada semua atlet yg telah mengikuti kegiatan ini dari awal sampai selesai.Semoga dalam perjalan pulang ke daerahnya masing-masing selamat sampai tujuan,” harap Safaruddin Gultom.

Sementara Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar yang diwakili Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporpa) , H Amiruddin, berpesan kepada semua kontingen dan atlet, kiranya kalau ada kesan-kesan yang baik dari Ogan Ilir mohon dapat promosikan di daerahnya masing-masing. Namun kalau ada yang kurang cukup sebatas disini saja, jangan dibawa pulang, harapnya.

“Selamat kepada pemenang, dan teruslah giat berlatih untuk menuju kesuksesan menuju even-even yang lebih besar lagi, bagi atlet yang belum berhasil jangan berkecil hati, semangatlah untuk terus berlatih,” ujarnya.

Disampaikan Kadisporpa OI, pada Kejurprov Para Bulutangkis ini, Bupati Panca Wijaya Akbar memberikan tambahan hadiah berupa uang pembinaan kepada atlet yang berhasil meraih medali. (*/ica)