19 Juli 2024

Usai Tersedot Mesin Pesawat di Bandara Amsterdam 1 Orang Tewas

Amsterdam,KoranRakyat.co.id – Sebuah insiden terjadi di Schiphol Amsterdam hari ini (29/5) di mana seseorang yang berada di pelataran namndara terjebak di dalam mesin pesawat yang sedang menyala.

Mengutip detikNews yang menyebutkan, satu orang tewas setelah terjatuh dan tersedot ke dalam bilah turbin pada mesin pesawat penumpang yang hendak lepas landas di Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda.

Penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan terhadap insiden maut tersebut.
Seperti dilansir AFP, Kamis (30/5/2024), insiden mengenaskan itu terjadi di apron bandara atau area pelataran pesawat di Bandara Schiphol pada Rabu (29/5) waktu setempat.

Pesawat yang terlibat insiden itu merupakan milik maskapai Belanda, KLM, yang hendak terbang ke Billund, Denmark.

“Sebuah insiden terjadi di Schiphol hari ini (29/5) di mana seseorang terjebak di dalam mesin pesawat yang sedang menyala,” tutur maskapai KLM dalam pernyataannya.

“Sayangnya, orang tersebut meninggal dunia,” sebut KLM, tanpa membeberkan identitas korban tewas.

Kronologi detail dari insiden tersebut belum diungkap ke publik. Tidak diketahui secara jelas apakah korban tewas merupakan petugas dari otoritas bandara atau pegawai dari pihak maskapai.

Namun Kepolisian Perbatasan Belanda, yang bertanggung jawab atas keamanan di bandara terbesar di negara tersebut, mengatakan bahwa para penumpang diturunkan dari pesawat usai insiden itu terjadi, dan penyelidikan telah diluncurkan terhadap insiden tersebut.

Lihat juga Video ‘Momen Pesawat American Airlines Terdorong gegara Angin’:

Menurut laporan media lokal Belanda, pesawat yang terlibat insiden itu merupakan jenis Embraer short-haul, yang digunakan oleh layanan Cityhopper KLM untuk mengoperasikan penerbangan ke tujuan-tujuan terdekat lainnya, seperti London di Inggris.

Sebuah foto yang diposting oleh televisi lokal NOS menunjukkan pesawat dikelilingi oleh truk pemadam kebakaran dan ambulans di salah satu area terminal keberangkatan.

Langkah-langkah keselamatan dan keamanan diketahui sangat ketat di Bandara Schiphol, dengan kecelakaan jarang terjadi di bandara yang sibuk ini.

Menurut data otoritas setempat, bandara tersebut melayani sekitar 5,5 juta penumpang sepanjang bulan lalu. (*/Sar)