16 Juni 2024

Bimtek OSS Diharapkan Tingkatkan Kepatuhan Pelaku Usaha

 

 KR Natuna- Salah satu langkah yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Natuna untuk meningkatkan iklim berusaha pelaku UMKM di daerah ini yakni dengan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Dan Pengawasan Perizinan Online Single Submisson Risk Based Approach (OSS RBA) Tahun 2024. Giat ini ditaja Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Natuna.

“Tujuan akhir dari kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan capaian realisasi penanaman modal di tingkat Kabupaten, meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usaha sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan serta eningkatkan minat penanam modal untuk melakukan investasi,” Jelas  Dwi Suryaniselaku Plh. Kepala Dinas PTSP Kabupaten Natuna, saat meberi paparan di acara  Bimtek 2 hari ini  yangdibuka pada Selasa, (21 /05/ 2024) di Natuna Dive Resort  Sepempang Kecamatan Bunguran Timur.

Dwi Suryani menjelaskan, bimbingan teknis terkait impelementasi OSS merupakan salah satu kebijakan Pemerintah yang wajib diikuti oleh para pelaku usaha.

Asisten 1 Pemkab Natuna Khaidir

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Kab. Natuna Khaidir membuka langsung kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 hari ini mengungkapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan mengingat Dunia usaha merupakan salah satu bidang maupun jalur upaya menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat.

“Keberadaan sistem perizinan yang terintegrasi dan terhubung secara langsung antara daerah dan pusat diharapkan dapat memberikan Kemudahan Berusaha, terlebih lagi dalam upaya meningkatkan investasi di daerah,”  terang Khaidir

Sedangkan, kebijakan implementasi perizinan berbasis resiko melalui sistem online single submission (OSS) merupakan salah satu kebijakan dalam rangka pencapaian tujuan tersebut, dimana dalam penerapannya, diharapkan kepentingan para pelaku usaha dalam memperoleh perizinan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. (red)