21 Juli 2024

Pembukaan MTQ ke XII Natuna dilaksanakan di Halamam Masjid Agung NGU

KR Natuna– Acara pembukaan MTQ Natuna ke XII akan dilaksanakan dihalaman masjid Agung Natuna Gerbang Utara (NGU), sejumlah persiapan saat ini sedang dilaksanakan guna mensukseskan erhelatan tersebut.

Ajang MTQ yang akan berlangsung mulai 21 Aril hingga 26 April 2024 nanti, Bertindak sebagai tuan rumah MTQ adalah Kecamatan Bunguran Timur.

MTQ Natuna sebelumnya sempat tertunda pelaksanaanya akibat pandemi, saat itu kecamatan Pulau Tiga bertindak sebagai tuan Rumah, meskipun sejumlah persiaan saat itu sudah dilakukan dengan baik.

” Awalnya Hasil Rakor LPTQ menetapkan Kecamatan Pulau Tiga
sebagai tuan rumah, tetapi karena terkenala keterbatasan anggaran, kegiatan MTQ
tahun ini lokasi penyelenggaraannya di komplek Natuna
Gerbang Utaraku, Masjid Agung Natuna. " jelas Bupati natuan wan siswandi saat meninjau persiapan acara di masjid agung NGU, 
Rabu (17/04/2024.)

Saat melaksanakan eninjauan tampak Bupati Natuna, Wan Siswandi didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, Ikhwan Solihin dan Kepala Bidang Pengelola Informatika Komunikasi dan Publik, Kevin Khahar

Kadiskominfo Natuna IwanSolihin menyampaikan  bahwa persiapan pemasangan Video Trone guna mensukseskan  pembukaan kegiatan MTQ XI Kabupaten Natuna sudah hamir rampung

“Terkait persiapan video trone mulai dari pemasangan sendiri akan disesuaikan dengan panggung kegiatan nanti, dengan memasang kerangka sampai dengan panel video trone itu sendiri, dengan persiapan inti visualnya sudah mencapai 50 persen dan akan di finalisasi,” jelas Ikhwan Solihin.

begitu juga terkait persiapan mengenai sound system kegiatan saat malam puncak harus di fokuskan pada persiapannya, agar dapat memaksimalkan kegiatan.

“Alat seperti sound system pada panggung utama di fokuskan kesana saat malam puncak, jangan sampai tidak maksimal,” paparnya

Selain Masjid Agung pertandingan juga akan dilaksanakan di sejumlah lokasi

Adapun lokasi pertandingan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XI Tingkat Kabupaten berada di enam lokasi dengan cabang perlombaannya diantaranya :
1. Masjid Agung Natuna
Cabang Perlombaan Bidang Tilawah Anak-Anak, Remaja, Dewasa dan Qira’at Al-Qur’an Mujawwad Dewasa.
2. Asrama Haji Natuna
Cabang Perlombaan Cabang Fahmil Al-Qur’an
3. Museum Natuna
Cabang Perlombaan Cabang Fahmil Al-Qur’an
4. Masjid Ibnu Salim Ranai Darat
Cabang Perlombaan Golongan Tartil Al-Qur’an, Qira’at Murattal Al-
Qur’an Remaja dan Dewasa
5. Masjid Maulana Bandarsyah
Cabang Perlombaan Golongan 1 Juz dan Tilawah, Golongan 5 Juz dan Tilawah, Golongan 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz, dan Tafsir Bhs Arab, Tafsir Bhs Inggris, dan Bhs Indonesia.
6. MAN 1 NATUNA
Cabang Perlombaan Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an.

Diperkirakan akan ada lebih dari 1000 orang baik Tim, ofisial maupun masyarakat yang akan mendukung perwakilan dari 19 kecamatan se-kabupaten Natuna.

 

(red)