21 Juli 2024

Upaya Konkret Pj Bupati Muara Enim Berhasil Capai Deflasi Terendah di Sumatera

MUARA ENIM | Koranrakyat.co.id – Ditengah Kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumatera Selatan dilanda inflasi, Kabupaten Muara Enim sukses mencapai deflasi atau penurunan harga di pasaran terendah di Sumatera Selatan bahkan di Sumatera.

Hal ini berkat upaya dan aksi konkret yang dilaksanakan Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A dalam mengendalikan laju inflasi di Kabupaten Muara Enim. Berdasarkan rilis resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan perkembangan Indeks Harga Konsumen Kabupaten Muara Enim Maret 2024 yang diumumkan Senin (01/04/2024), Kabupaten Muara Enim kembali mengalami deflasi sebesar -0,69 persen atau deflasi terendah di Sumatera.

Dengan demikian inflasi di Kabupaten Muara Enim turun dari sebelumnya 4,63 persen di bulan Februari 2024 menjadi 3,76 persen di bulan Maret 2024.

Pj. Bupati Muara Enim yang menyaksikan rilis resmi BPS didampingi Asisten, Kepala OPD terkait di Ruang Rapat Bupati Muara Enim menyampaikan rasa syukur sekaligus mengapresiasi kepada seluruh jajaran OPD dan Forkopimda.

Dirinya menilai upaya konkret dalam penanganan inflasi yang digulirkan selama ini yaitu diantaranya pelaksanaan operasi pasar murah di 22 Kecamatan, sidak ke pasar dan distributor serta gerakan menanam berhasil menekan inflasi di Bumi Serasan Sekundang.

Oleh karena itu, dirinya pun menegaskan jajarannya untuk tidak berpuas diri karena kegiatan ini akan dilanjutkan sampai akhir tahun atau hingga inflasi terkendali sesuai target provinsi dan nasional serta akan menjalin kerjasama dengan daerah penghasil pangan serta merencanakan penggunaan Dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) dari APBD untuk memaksimalkan penanganan inflasi.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muara Enim, Edi Subeno memuji kinerja dan kerja keras Pj. Bupati Muara Enim maupun jajaran Pemkab. Muara Enim sehingga mencapai deflasi terendah di Pulau Sumatera. (T.Tamba)