25 April 2024

Pj. Bupati Tanam Perdana Tumpang Sari Padi Gogo dengan Sawit di Desa Harapan Jaya

**Demi Terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional

MUARA ENIM | Koranrkayat.co.id – Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional sekaligus sebagai upaya memperkuat produksi pangan melalui pemanfaatan lahan peremajaan sawit rakyat, Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., melaksanakan Tanam Perdana Padi Gogo di Desa Harapan Jaya Kecamatan Muara Enim, Selasa (26/03).

Dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Heru Tri Widarto, S.Si., M.Sc. Kadisbun Me Holika, Kepala Dinas Pertanian Muara Enim serta segenap OPD, perwakilan PT BSP dan PTPN7. Hadir juga camat Muara Eenim, para kades, pengurus KUD PSR dan lainnya.

Program kerjasama Kementerian Pertanian (Kementan) RI Direktorat Jenderal Perkebunan dengan Pemkab Muara Enim ini nantinya akan memanfaatkan 1,2 ribu hektare lahan perkebunan yang menjadi titik lokasi tanam padi gogo.
.
Dalam keterangannya Pj. Bupati menyambut baik dan mendukung atas diselenggarakannya kegiatan penanaman padi gogo atau secara tumpang sari di lahan perkebunan sawit. Program ini yang diharapkan mampu memaksimalkan produktivitas lahan perkebunan serta meningkatkan pendapatan petani maupun pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

Pj Bupati juga mengharapkan kegiatan tersebut nantinya dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat, khususnya petani sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan maupun ketahanan pangan di Bumi Serasan Sekundang.
.
Sementara itu Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan RI menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan aksi kongkret untuk mendukung pelaksanaan kegiatan optimalisasi lahan rawa, pompanisasi lahan tadah hujan, dan tumpang sisip padi gogo sesuai arahan Menteri Pertanian RI.

Ia menambahkan bahwa selain memberi nilai tambah pada petani, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk menjadikan cadangan pangan nasional menjadi lebih kuat. Untuk itu dirinya mengharapkan dukungan dari seluruh pihak terkhusus masyarakat agar pelaksanaan program tanam padi gogo ini dapat bejalan baik hingga mencapai masa panennya.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Desa Harapan Jaya, Trimo menyampaikan aspirasinya terkait rusak parahnya jalan perkebunan plasma petani dan mohon perhatian dari bupati. (T.Tamba)