25 April 2024

Pj. Bupati Muara Enim: Kebutuhan Pangan Selama Ramadan Mencukupi

**Pemkab Gelar Pangan Murah (GPM) di Desa Saka jaya

MUARA ENIM | Koranrakyat.co.id – Guna memastikan kebutuhan pangan selama bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah tercukupi, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali melaksanakan Gerakan Pangan Murah di Desa Saka Jaya, Kecamatan Muara Enim, Sabtu (23/03).

Selain menjaga ketersediaan pangan, kegiatan yang dibuka langsung oleh Pj. Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., ini digelar dalam upaya pengendalian inflasi serta stabilisasi pasokan dan harga pangan khususnya menjelang hari besar keagamaan nasional tahun 2024.
.
Hadir bersama Dandim 0404 Muara Enim Letkol. Inf. Nugraha, S.H., M.I.P. segenap dinas dan OPD terkait Camat Muara Eenim Husni Thamrin serta beberapa pejabat lainnya.

Kegiatan tersebut juga dimanfaatkan Pj. Bupati untuk menyapa dan bertatap muka langsung bersama warga Desa Saka Jaya, untuk mendengarkan aspirasi dan harapan masyarakat terhadap kemajuan pembangunan daerah.

Adapun produk dan harga yang dijual dalam gerakan pangan murah yaitu 5 ton beras medium SPHP yang dijual Rp.10,800 /kilogram, 1 ton beras premium dijual harga Rp.11,500 /kilogram.

Kemudian 60 kilogram telur dijual Rp 25,000 /kilogram, 50 kilogram daging ayam dijual Rp 32,000 /kilogram, ikan Nila, Lele yang juga dijual di bawah harga pasar, serta beberapa produk holtikultura lainnya seperti cabai merah besar dan bawang merah.

Lebih lanjut Pj. Bupati didampingi Plt. Asisten Administrasi dan Umum, M. Tarmizi Ismail, S.E., M.Si, menjelaskan kegiatan pangan murah ini digelar sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah daerah dalam merespon keresahan masyarakat terhadap naiknya beberapa kebutuhan pokok sekaligus upaya terhadap pengendalian inflasi daerah.
.
Sementara itu Kepala Desa Saka Jaya, Surat, menyampaikan terima kasih dan rasa bahagianya dari seluruh masyarakat Desa Saka Jaya atas terselenggaranya kegiatan pangan murah ini. Dia berharap kegiatan tersebut dapat terus ditingkatkan serta dilanjutkan.

Dalam kesempatan itu juga Surat menyampaikan agar kiranya pembangunan fisik saka Jaya dilanjutkan terutama untuk jalan lingkar desa yang sudah sangat memprihatinkan dan jalan blok dalam desa. (T. Tamba)