20 Mei 2024

Organisasi “Beroyot Urang Diri” Meranjat Terbentuk

PALEMBANG|KoranRakyat co.id – Sejumlah tokoh asal Desa Meranjat Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersepakat membentuk organisasi yang diberi nama “Beroyot Urang Diri Meranjat” disingkat Beruma.

Salah seorang penggagas Beruma, Dr Ir H Najib Asmani, M.Sc (69 tahun), menyebutkan beruma tersebut adalah organisasi atau perkumpulan yang memiliki misi sosial ikut berpartisipasi mengangkat potensi masyarakat dan desa Meranjat I, Meranjat II, dan Meranjat Ilir. Untuk memudahkan maka disebut saja dengan Desa Meranjat, karena desa ini dulunya satu, sebelum ada pemekaran desa.

Untuk memudahkan koordinasi maka pada rapat kedua yakni rapat tim perumus, Ahad 3 Maret 2024, bertempat di Aula Masjid Baiturrahman Jalan Bank Raya Palembang, ditunjuk ketua pengarah, ketua umum dan sekretaris umum, ujar Najib Asmani anak Gede Mani, Desa Meranjat Ilir.

Sebagai Ketua Pengarah Beruma dipercayakan kepada Dr Ir H Najib Asmani, M.Sc yang merupakan penggagas pertemuan. Lalu sebagai ketua umum diamanahkan kepada Drs H Iklim Cahya, MM, wartawan yang pernah menjabat Ketua DPRD OI periode 2004 – 2014. Sedangkan untuk Sekretaris Umum dipercayakan kepada Ir H Endang PU Ishak, SH, M.Si, Anggota DPRD OI yang juga pernah menjadi Ketua DPRD OI periode 2014 – 2019.

Terkait dengan aktifitas yang menyangkut Desa Meranjat. Najib Asmani pernah aktif dan menjadi pengurus IRMA (Ikatan Remaja Meranjat) pada era tahun 1978-an, yang juga pernah ditugasi sebagai Staf Khusus Gubernur Sumatera Selatan dan Koordinator Tim Restorasi Gambut Sumatera Selatan Sedangkan Iklim Cahya pernah menjadi Pendiri dan Ketua Ikatan Remaja Meranjat 14 (IRMES) tahun 1988/1989 dan menjadi Ketua Karang Taruna “Usang Rimau” Desa Meranjat tahun 1989/1990. Sementara Endang Putra Utama pernah mendirikan sekaligus menjadi Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Meranjat (FKPPM) tahun 2009 – 2019.

Saat ini bersama sejumlah anggota formatur lainnya, ketiganya, sedang menghimpun para perantau asal Meranjat untuk nantinya dimasukkan dalam struktur kepengurusan Beruma periode 2024 – 2029.

Selain itu juga menyiapkan logo Beruma, Rancangan AD/ART, serta kelengkapan administrasi lainnya.

Baik Najib Asmani, Iklim Cahya, dan Endang PU mengharapkan dan mengajak kepada seluruh warga asal Meranjat di perantauan, maupun yang berada di dusun/desa, untuk bersama-sama berkontribusi terhadap desa melalui organisasi Beruma ini. Tidak ada tujuan lain kecuali untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan nilai tambah terhadap desa tercinta.

Dari hasil pemantauan, para perantau asal Meranjat cukup banyak di DKI Jakarta, Jawa, Batam, Malaysia dan daerah-daerah lainnya. Nantinya di sejumlah daerah akan dibentuk/ditunjuk koordinator, untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi, ujar Iklim Cahya.

Adapun tim perumus yang juga hadir pada rapat, Ahad 3 Maret 2024 lalu antara lain A Syarifuddin, SH, M.Kn, Hj Hasnawati Mal An, SKM, Joe Arsyad, Siti Balkis, AK, dan Dodi Arfan, ST.(ica)