20 Mei 2024

Sekda Natuna Rapat Persiapan Sosialisasi Beasiswa kuliah di STAN tahun 2024

KR Natuna-  Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Boy Wijanarko,Jum’at (1/3/2024), memimpin langsung dalam rapat persiapan pelaksanaan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara (PKN) – Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) di Ruang Kerja Sekretaris Daerah.
Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Boy Wijanarko menyampaikan harapan dari kegiatan dapat memberikan manfaat yang baik terkhusus untuk siswa-siswi tingkat SLTA di Natuna yang berminat menempuh pendidikan di PKN – STAN.

“Dengan adanya diseminasi informasi mengenai PKN – STAN ini, diharapkan dapat memberikan hal terbaik dengan mengembangkan sumber daya manusia terkhusus bagi anak-anak tingkat SLTA di Kabupaten Natuna,” kata Boy Wijanarko.

Dalam rapat yang juga dihadiri Kepala Bagian Kerjasama Faisal Firman, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara (PKN) – Sekolah Tinggi Negara (STAN) merupakan upaya pemerintah daerah yang memberikan peluang kepada putra putri daerah khususnya bagi putra putri tingkat SLTA yang berminat menempuh pendidikan PKN – STAN.

“Kegiatan ini merupakan upaya dari bupati untuk menjemput peluang putra putri untuk dapat berkuliah di STAN. Sehingga rapat hari ini adalah bagian dari usaha kita untuk memaksimalkan proses sosialisasi sehingga anak anak bisa mendapatkan kesempatan terbaiknya untuk mendapatkan beasiswa,” ungkap Faisal Firman.

Faisal Firman juga menambahkan informasi mengenai STAN yang memberikan kesempatan bagi putra putri daerah yang berminat melalui jalur afirmasi terkhusus untuk daerah 3T.

“Pendidikan STAN ini memberi kesempatan bagi putra putri daerah yang berminat melalui jalur afirmasi karena sistem masuk nya yang tidak mudah apabila dibandingkan dengan jalur umum yang tingkat persaingannya tinggi, peluang jalur afirmasi yg dikhususkan untuk daerah 3T ini merupakan peluang yg harus di manfaatkan,” tambah Faisal Firman.

Kegiatan sosialiasi ini akan dihadiri langsung oleh Wakil Direktur STAN , yang akan dilaksanakan pada tanggal 05 Maret 2024, yang dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Bunguran Timur.

Diakhir sambutannya sekda Natuna juga menyampaikan harapan untuk kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan skema yang telah di rencanakan.

SEKILAS TENTANG POLYTEKNIK AKUTANSI NEGARA

Politeknik Keuangan Negara STAN membuka kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik di seluruh wilayah Indonesia untuk bergabung menjadi pengelola keuangan negara yang unggul, beretika, modern dan profesional demi mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera dan berkeadilan sosial. Sebagai Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Keuangan, PKN STAN terus berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan yang adil dan pengajaran yang berkualitas di bidang keuangan negara tanpa dipungut biaya.

Sekolah Tinggi Akuntansi Nagara itu pendidikan kedinasan yang diselenggarakae oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia,
Alamat: Sektor V, Jl. Bintaro Utama 5, Jurang Manggu Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15222

didirikan tahun : 1964
Propinsi: Banten
Nomer tilpun: (021) 7361658

Sejarah PKN-STAN

Awalnya, STAN merupakan salah satu Pusdiklat yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan (BPLK). Gedung pertama STAN terletak di Jalan Purnawarman, Bintaro. Pada tahun 1988, STAN memiliki gedung baru yang diberi nama Kampus Ali Wardhana. Nama Ali Wardhana diambil sebagai penghargaan terhadap Menteri Keuangan Indonesia yang menjabat di tahun 1968 hingga 1983.

Nah, tanggal 15 Juli 2015, sesuai dengan instruksi Kementerian Keuangan, STAN berganti nama menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN-STAN). Hal ini selaras dengan komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan berkompeten di bidang keuangan. Hingga saat ini, PKN-STAN menyediakan program studi jenjang Diploma sampai Doktoral.

Jurusan di PKN STAN

Mulai tahun 2021, PKN-STAN memiliki 3 jurusan untuk mahasiswa baru, yaitu sebagai berikut:

1. D4 Akuntansi Sektor Publik

Program studi ini mempelajari cara menyusun dan menganalisis laporan keuangan, audit internal dan eksternal, analisis transaksi keuangan dan sistem informasi, serta merumuskan kebijakan di bidang akuntansi. D4 Akuntansi Sektor Publik hanya menerima 64 mahasiswa.

2. D4 Manajemen Aset Publik

Program studi ini mempelajari cara menganalisis keuangan dan investasi, tata laksana keuangan satuan kerja, merumuskan kebijakan keuangan publik, serta tata kelola perpajakan dan kepabeanan. D4 Manajemen Aset Publik mempunyai daya tampung sebanyak 159 mahasiswa. Terdapat 2 konsentrasi yang bisa dipilih, yaitu Manajemen Treasury Negara dan Manajemen Penerimaan Negara.

3. D4 Manajemen Keuangan Negara

Program studi ini mempelajari cara mengelola aset, menganalisis kekayaan negara dan kelayakan bisnis, menilai bisnis dan properti, mengelola piutang dan pengadaan, serta tata laksana kegiatan lelang. D4 Manajemen Keuangan Negara mempunyai daya tampung sebanyak 52 mahasiswa. Terdapat 2 konsentrasi yang bisa dipilih, yaitu Konsentrasi Manajemen & Perencanaan Strategis serta Penilaian Bisnis & Properti.

Jenjang studi D4 setara dengan Sarjana Terapan. Jika lulus, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan Akuntansi. (S.Tr.Ak.)

Jadwal dan Syarat Pendaftaran Masuk PKN STAN

Tidak seperti kampus lain, STAN hanya memiliki satu jalur pendaftaran setiap tahun. Berikut syarat dan tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN:

Persyaratan Umum SPMB PKN-STAN

  1. Belum menikah, sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba.
  2. Berusia sekurang-kurangnya 15 tahun dan maksimal 21 tahun.
  3. Memiliki rata-rata nilai rapor dan ijazah tidak kurang dari 70.00.
  4. Belum pernah diterima dan menjadi mahasiswa PKN-STAN sebelumnya.
  5. Lulusan SMA/SMK/MA dari semua jurusan di tahun yang sama atau satu tahun sebelumnya.
  6. Mengikuti UTBK di tahun yang sama dengan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.
  7. Membayar biaya pendaftaran sebesar 350 ribu rupiah

Persyaratan Khusus Jalur Afirmasi SPMB PKN-STAN

1. Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.

2. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:

  • Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;
  • Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan
  • Mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

 



UTBK Kembali Menjadi Syarat Seleksi Administratif SPMB PKN STAN Tahun 2024


Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang mengacu pada prinsip
prinsip kenyamanan, fleksibilitas, dan kualitas, tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)
Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2024 kembali akan menggunakan hasil Ujian Tulis
Berbasis KomputerSeleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBKSNBT) tahun 2024 yang dilaksanakan
oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP). Oleh karena itu, para peserta yang berminat
untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2024 diminta agar dapat mengikuti UTBKSNBT tahun 2024.
Informasi resmi mengenai pendaftaran akun SNPMB tahun 2024 dapat dipantau melalui laman

https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
.


Walaupun salah satu syarat administratif pada SPMB PKN STAN tahun 2024 telah diputuskan
akan menggunakan nilai UTBKSNBT, namun pengumuman SPMB PKN STAN tahun 2024 baru
akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun
2024 yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi (Kementerian PANRB). Pengumuman SPMB PKN STAN dapat diakses melalui website
Kementerian Keuangan (
www.kemenkeu.go.id), website Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
(
bppk.kemenkeu.go.id) atau website PKN STAN (pknstan.ac.id).
Seluruh proses SPMB PKN STAN diselenggarakan secara transparan dengan menjunjung tinggi nilai
integritas. Segala biaya yang timbul dalam SPMB PKN STAN akan ditentukan dalam pengumuman mengenai
SPMB PKN STAN dengan berpedoman pada ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku. PKN
STAN tidak bekerja sama atau berafiliasi dengan lembaga bimbingan belajar mana pun, tidak
menyelenggarakan tryout/sejenisnya, dan tidak menerbitkan pembahasan soal terkait SPMB PKN STAN
dalam bentuk apa pun. Harap selalu mewaspadai berbagai upaya penipuan yang mengatasnamakan PKN
STAN.

Materi Seleksi SPMB PKN-STAN

Layaknya seleksi masuk perguruan tinggi lainnya, STAN juga mewajibkan calon mahasiswanya untuk mengikuti serangkaian seleksi berupa SKD dan SKL.

1. Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). SKD terdiri dari:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan jumlah soal sebanyak 30 butir dan skor minimum 65.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan jumlah soal sebanyak 35 butir dan skor minimum 80.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan jumlah soal sebanyak 45 butir dan skor minimum 156.

2. Seleksi Kompetensi Lanjutan

Peserta yang dinyatakan lolos SKD akan mengikuti Seleksi Kompetensi Lanjutan di lokasi yang sudah ditentukan. SKL terdiri dari:

  • Tes Kesehatan, yaitu pemeriksaan tinggi dan berat badan, mata, tekanan darah, atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
  • Tes Kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle runpull up/chinning, push up, sit up atau aktivitas fisik lain yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
  • Wawancara. Di tahap ini, jawablah pertanyaan dengan singkat, jelas, dan ramah. Jika ragu, kamu bisa berlatih terlebih dahulu agar tidak gugup di hari seleksi.

Lulusan STAN Langsung Jadi PNS?

Bener nggak sih kalau alumni STAN punya peluang lebih besar untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil? Jawabannya, lulusan D4 STAN dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi dan kebutuhan yang tersedia pada tahun tersebut. Akan tetapi, mereka harus mengikuti tes kompetensi terlebih dahulu ya.

Fasilitas di PKN STAN

Penasaran nggak berapa luas kampus ini? Yup, 22 hektar! Pastinya luas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari Perpustakaan, Laboratorium, Mini Office, Poliklinik, Sarana Olahraga, Ruang Kegiatan Mahasiswa, Ruang Pelatihan Bahasa Asing, Kantin, Area Parkir, dan ATM. Kalau bosan belajar di kelas, mahasiswa bisa memanfaatkan gazebo dan belajar di ruang terbuka hijau dengan kapasitas 500 orang.

Lokasi dan Akses Kampus PKN STAN

Pertanyaan yang paling banyak orang ingin tahu jawabannya adalah, gimana caranya biar aku bisa sampai ke kampus STAN ini? Nah, kita punya nih jawaban dari pertanyaan kamu.

Alamat STAN:

Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. 15222.

Akomodasi di Sekitar Kampus STAN:

Kost daerah Ceger, Sarmili, Pondok Jaya, Kali Mongso, PJMI (Perumahan Jurangmangu Indah), Ciputat

Transportasi di Sekitar Kampus STAN:

  • Stasiun Jurangmangu
  • Stasiun Pondok Ranji
  • Stasiun Rawabuntu
  • Stasiun Palmerah

Yuk, persiapkan diri kamu untuk bisa masuk ke Sekolah Kedinasan dengan belajar intensif bareng Brain Academy!

Referensi:

Sejarah STAN [Daring]. Tautan:

https://stanbrain.com/sejarah-berdirinya-kampus-pkn-stan/

https://ens-stan.com/blog/tahukah-kamu-sejarah-didirikannya-kampus-pkn-stan

Jurusan yang ada di STAN [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5550701/daftar-sekolah-kedinasan-pkn-stan-2021-ini-3-prodi-baru-dan-kuotanya

Pendaftaran STAN [Daring]. Tautan: https://e-dropbox.kemenkeu.go.id/index.php/s/lhjEhEFIDOgh09y

https://e-dropbox.kemenkeu.go.id/index.php/s/7SxjH7m9uXgCkk9u

Rasanya Kuliah di STAN [Daring]. Tautan: https://id.quora.com/Bagaimana-rasanya-berkuliah-di-STAN (red)