20 Mei 2024

Pemkab Akan Bangun Gedung FKUB Natuna Secara Bertahap

KR Natuna- Pemerintah Natuan berencana akan embangun fasilitas gedung kantor bagi Forum Kerukunna Umat Beragama, embanguannya nanti akan dilaksanakan bertahap menyesuaikan ketersediaan anggran, saat ini untyk tahap awal, pemkab natuan menghibahkan lahan untyk lokasi embangauan kantir FKUB.
“Secara bertahap kita akan membangun sekretariat FKUB, karena kita menyesuaikan kemampuan keuangan daerah,” terang Wan Siswandi. saat melaksanakan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Natuna dengan Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Natuna, di ruang kerja Bupati Natuna, Bukit Arai, Selasa (27/2/2024)
Penandatanganan dilakukan antara Bupati Natuna Wan Siswandi dengan Ketua FKUB, Umar Natuna.
Penandatanagan NPHD itu, dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dari lintas agama dalam struktur FKUB Natuna, serta sejumlah Pimpinan dan Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Natuna terkait .

Bupati Natuna, Wan Siswandi pada kesempatan itu menyampaikan, bahwa hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian dari pemerintah daerah Natuna untuk terus menjaga kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama demi kedamaian dan kenyamanan dalam pembangunan di Kabupaten Natuna.

“Terima kasih kepada ketua FKUB dan pengurus, Bakesbangpol yang telah memfasilitasi Kegiatan bantuan hibah tanah ini. Harapan saya, kegiatan berjalan lancar dan FKUB sudah mempunyai kantor sendiri dalam menjalankan aktivitas kerja dalam menjaga kerukunan umat beragama di kabupaten Natuna,” ujar Bupati.
Kepala daerah Natuna ini juga meminta maaf karena saat ini pemerintah daerah Natuna, baru dapat menghibahkan tanah kepada FKUB.
Adapun lokasi tanah yang dihibahkan untuk pembangunan gedung sekretariat FKUB berada dikawasan  Masjid Agung, tidak jauh dari Rumah Lembaga Adat Melayu Natuna yang rencananya akan dibangun pada tahun 2024 ini
.
FKUB Natuna Tetap Eksis Meski Belum  unya Kantor Tetap
Kepada pewarta, Ketua FKUB Kabupaten Natuna, Umar Natuna menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah melalui Bupati Natuna Wan Siswandi, yang telah memberikan hibah tanah untuk sekretariat FKUB.
“Terima kasih atas dukungannya terhadap FKUB, ke depan akan menjadi penting karena Natuna semakin hari semakin dinamis dan Natuna makin beragam yang serta di Natuna ekspektasi harapan selalu tinggi,” kata Umar.
Penyerahan NPHD itu ditandai dengan  penandatanganan keduabelah pihak, dengan disaksikan oleh seluruh yang hadir.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Natuna hingga saat ini belum memiliki Seketrariat yang permanen.Tidak adanya Sekertariat tersebut diakui oleh Ketua FKUB Kabupaten Natuna Umar Natuna tidak menjadi hambatan bagi para pengurus dalam melaksanakan tugasnya. Umar Natuna juga menjelaskan dalam melakukan pertemuan maupun pembahasan FKUB Selalu menyesuaikan tempat dan berpindah-pindah yang kadang pertemuan di lakukan di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten maupun di Kantor Bupati Natuna.

“ Alhamdulilah walau kita belum punya Sekertariat tapi kita tetap bisa melakukan tugas dan kewajiban kita dalam berokoordinasi dengan Pemerintah juga Masyarakat yang kadang kala kita laksanakan di Kantor Bupati Natuna dan juga di Bakesbangpol “ kata Umar Natuna

Namun demikian Umar Natuna sangat berharap ke depan, FKUB Natuna dapat memiliki Sekertariat, yang akan memudahkan kinerja para pengurus, dan membuat lebih nyaman masyarakat dalam melakukan koordinasi dengan FKUB Kabupaten Natuna.

“ Kalau ditanya keinginan tentu kita ingin dan punya Sekretariat yang kita harapkan ini juga menjadi perhatian dari Pemerintah Daerah dan Pusat “ tutup Umar Natuna. (red)