15 Juni 2024

Presiden Jokowi “Urung Ngirup” Pindang di OI

(Jalan Tol Indra Prabu)

INDRALAYA|KoranRakyat co.id——Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi, Kamis 26 Oktober 2023, dijadwalkan meresmikan jalan tol Indralaya-Prabumulih (Indra Prabu) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Namun rencana akan meninjau Pasar Indralaya dan makan siang di RM PAS Indralaya Ogan Ilir (OI), dibatalkan, sehingga rencana rombongan Presiden “ngirup” (makan) nasi pindang di Oi juga urung” atau tidak jadi.

“Ya memang benar, informasi terakhir yang kami terima Bapak Presiden Jokowi tidak jadi meninjau Pasar Indralaya, begitu juga rencana makan pindang di RM PAS, juga batal. Tidak tau kalau ada perubahan lagi,” ujar Asisten I Pemkab Ogan Ilir (OI), Dicky Syailendra, Rabu sore 25 September 2023.

Jalan tol Indralaya – Prabumulih (Indra Prabu) sepanjang 62 Km, merupakan kelanjutan dari jalan tol Palembang – Indralaya (Palindra). Tol Indra Prabu ini sudah dibuka sejak tanggal 30 Agustus 2023 lalu. Selama masa percobaan tersebut belum dipungut biaya (masih gratis). Namun sejak dibuka sudah beberapa kali terjadi Lakalantas, akibat human error.

Presiden Jokowi akan meresmikan tol Indra Prabu, bertempat di KM 18 jalur Tol Prabumulih. Setelah peresmian tol, Presiden akan melanjutkan meninjau dan meresmikan jalan layang di Kota Prabumulih.

Kemudian dari Prabumulih, Presiden Jokowi beserta rombongan langsung ke Palembang, meresmikan PT IPAL, meninjau SMKN 2 Palembang, Gudang Bulog, lalu selanjutnya kembali ke Jakarta.

Dari pengamatan di lapangan, Rabu 25 Oktober 2023, baik tol Palindra maupun Indra Prabu ditutup sementara. Akibatnya jalan non tol menjadi ramai.

Pengamanan juga terlihat semakin intensif. Sejumlah anggota TNI dan Polri terlihat sibuk berjaga-jaga di tempat-tempat yang akan dilalui dan dikunjungi Presiden.

Sejumlah pedagang di Pasar Indralaya juga terlihat gembira bakal kedatangan Presiden RI ke tujuh itu. Namun mendengar dibatalkan, mereka kelihatan “cugak”. “Yaa… tidak jadi bakal melihat dan bersalaman dengan Presiden,” ujar Rika seorang pedagang di Pasar Indralaya. (ica)