21 Juli 2024

Tempuh OI – Lombok, Rahman Jumatan di Masjid Agung Demak

APA Kabar Drs H Abdul Rahman Rasyidi, MM, MBA (60+), purna bakti Pemkab Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang menjajal OI – Lombok sejauh 4.000 Km dengan sepeda motornya?

Informasi terkini, Sabtu 30 September 2023, Rahman Rasyidi mengabarkan, ia sudah mencapai Kota Pasuruan Jawa Timur.
” Alhamdulillah saya sudah di Pasuruan. Terimakasih atas doa-doanya,” tulis mantan Staf Ahli Bupati OI Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan melalui laman Waths App gruf KORMI dan ICMI OI.

Rahman yang saat pensiun masih dikaruniahi kondisi fisik yang energik, bermaksud menggelar reuni di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), bersama kawan-kawannya alumni APDN/IIP.

Rahman yang semenjak pensiun justru banyak berkendara dengan sepeda motor, memilih pergi ke Lombok dengan mengunakan sepeda motor dengan jarak tempuh sejauh 4.000 Km.

Ia berangkat dari Kantor Bupati OI di KPT Tanjung Senai, Indralaya, Senin pagi 25 September 2023, dilepas Sekda H Muhsin Abdullah dan sejumlah pejabat OI lainnya. Dan sekitar pukul 00.00 dini hari, jelang pergantian hari 26 September 2023, Rahman mengabarkan bahwa ia sudah sampai di Bundaran HI Jakarta.

Selama beberapa hari Rahman di Jakarta, mengunjungi dan bersilaturrahmi dengan beberapa kolega dan keluarganya, sambil ia menunggu temannya dari Medan yang juga berminat nimbrung naik sepeda motor.

Tanggal 27 September 2023, Rahman melanjutkan perjalanan melalui jalur Pantura Jawa. Dan ia bertemu kawannya yang dari Medan tersebut di Cikampek. Kawannya tersebut mengambil sepeda motor di Bandung, yang menyusul Rahman dan bertemu di Cikampek.

Mereka sama-sama menunggang sepeda motor, melewati beberapa kota, hingga bermalam di kawasan legend, Simpang Lima Semarang.

Pada Jumat siang, 29 September 2023, Rahman mengupload posisinya. Ia memberitahu singgah untuk sholat Jumat di Masjid Agung Demak, masjid wali Allah, tulisnya.

Ya, dahulu memang masjid tersebut dibangun oleh Raja Demak, yang merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Di area belakang masjid tersebut, ada sejumlah makam para ulama yang ikut menyebarkan Agama Islam pada eranya.

Usai Jumatan, Rahman yang selalu tampil energik ini, melanjutkan perjalanan dengan sepeda motornya. Sebelum ia memberitahu menginap di Pasuruan, ia sempat mampir berfoto di Kantor Walikota Mojokerto.

Untuk diketahui sebelum menjajal Ogan Ilir (Sumsel) – Lombok (NTB), Rahman sudah “berlatih” menunggang sepeda motornya dengan jarak lumayan jauh. Saat digelar FORKAB I (Festival Olahraga Masyarakat Kabupaten) Ogan Ilir, 18 – 22 Agustus 2023 lalu. Rahman selalu hilir mudik Palembang – Indralaya dengan menggunakan sepeda motornya itu.

Abdul Rahman Rasyidi terhitung pensiun 1 Mei 2023. Rahman adalah alumni APDN / IIP, memulai karier sebagai birokrat pada Pemda Kabupaten OKI. Ia pernah menjadi Sekcam Kecamatan Sirah Pulau Padang, dan Camat Lempuing, lalu menjadi Camat Indralaya.

Setelah Kabupaten OI berdiri tahun 2004, Rahman yang berasal dari Kayuagung, usai jabatan camat Indralaya mutasi menjadi Kabag Pemerintahan Setda OI.

Rahman bertahan di Pemkab Ogan Ilir hingga pensiun. Berbagai jabatan silih berganti disandangnya, mulai dari esselon III hingga ke esselon II.

Setelah dari Kabag Pemerintahan, Rahman pernah bertugas di Dinas Perikanan. Kendati agak “tergeser” tapi Rahman tetap bersemangat menjalankan tugasnya. Semangat Rahman ini kemudian membuat Bupati OI saat itu, H Mawardi Yahya mempromosikan Rahman menjadi Kepala Kantor Pariwisata, Seni Budaya dan Pemuda Olahraga. Jabatan ini mengantarkannya ikut dalam rombongan tim kesenian OI tampil di International Tourism Board (ITB)—Pameran Pariwisata Dunia—di Berlin Jerman, bulan Maret 2007. Waktu itu OI diminta oleh Gubernur Sumsel mewakili menampilkan kesenian daerah di ajang acara bergengsi tersebut.

Dalam perjalanan kariernya, Rahman pernah menjadi Kepala Bappeda OI, yang juga pada tahun 2013, berkesempatan ikut dalam rombongan Pemprov Sumsel mempromosikan potensi daerah ke Amerika Serikat (Washington DC dan Newyork).

Selanjutnya Rahman dipercaya menjadi Asisten I Sekda dan Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan. Di era Bupati Ilyas Panji Alam, Rahman juga berkesempatan berkunjung ke Jepang, waktu itu agendanya menjajaki hibah dari Negeri Sakura itu.

Di masa purna bakti ini, Rahman juga masih tercatat salah seorang wakil Ketua Kormi OI. Dan mengisi waktu pensiunnya, bersama teman-temannya para Alumni APDN/IIP yang juga sudah pensiun. Rahman menggagas reuni di Lombok NTB, dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila.(ica)