21 Juli 2024

Ogan Ilir Bertengger di Papan Atas Forprov Sumsel 2023

PALEMBANG|KoranRakyat co.id—–Pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Provinsi (Forprov) ke I Sumatera Selatan, Jumat malam 29 September 2023 ditutup oleh Ketua KORMI Sumsel. Pada Forprov I ini, kontingen Kabupaten Ogan Ilir (OI) berhasil bertengger di papan atas klasemen perolehan medali. OI meraih 13 emas, 15 perak, dan 10 perunggu. OI hanya kalah dari kontingen Kota Palembang dan Kabupaten OKU yang menempati rangking 1 dan 2. Sedangkan OI berada di urutan ketiga.

Forprov I yang diselenggarakan oleh KORMI Sumsel, dipusatkan di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, 27 – 30 September 2023.

Posisi tiga besar yang diraih kontingen Kabupaten Ogan Ilir telah terlihat pada hari kedua Forprov I. Dengan pencapaian ini, OI menempati rangking tiga di bawah Palembang dan OKU. Palembang meraih 42 medali emas, 34 perak dan 32 perunggu dan Kabupaten OKU 19 emas, 10 perak dan 13 perunggu. Sementara rangking 4 direbut oleh Muba dengan 8 medali emas dan rangking 5 ditempati Kabupaten Muaraenim dengan 5 medali emas.

Dari pantauan, selama tiga hari ini, Ketua KORMI OI, Hj Zaitun Mawardi, SH, M.Kn, terlihat terus melakukan pemantauan di arena perlombaan, memberi semangat para penggiat yang bertanding.

Dari informasi daftar perolehan medali yang ditandatangani Bidang Pertandingan, Adi Wahyuono, 13 medali emas yang diraih kontingen OI, terbanyak disumbangkan Induk organisasi olahraga (Inorga) PSNPP yakni sebanyak 5 medali emas. Perolehan tersebut juga menobatkan kontingen OI sebagai juara umum untuk Inorga PSNPP.
Selain itu PSNPP juga menyumbang 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

Perolehan medali emas selanjutnya disumbangkan Inorga FYBI dengan 3 medali emas. selain medali emas FYBI juga mempersembahkan 2 medali perak.

Kemudian medali emas lainnya didapat dari Inorga PORPI, Portina, dan BKI masing-masing satu medali emas. PORPI juga seperti dilaporkan ketuanya, Henny, SKM, juga berhasil mempersembahkan 6 medali perak dan 1 medali perunggu.

Sementara Portina meraih 1 medali emas dan 1 perak. Begitu juga Inorga BKI selain meraih 1 medali emas, juga berhasil menyumbang 2 medali perak dan 3 perunggu.

Kemudian dari venue KLPI, kontingen OI berhasil menyumbang 1 medali perak dari kategori senam pra lansia perorangan.

Menurut Hj Zaitun Mawardi, pada perlombaan yang digelar hari Jumat 29 September 2023, ada penambahan dua medali emas dari Inorga yang masih berlomba.

Zaitun mengucapkan terimakasih dan selamat kepada para penggiat dan official, atas prestasi yang diraih. Menurut Zaitun, prestasi yang diraih kontingen OI tersebut, tidak terlepas berkat semangat dan kerja keras dari semua yang terlibat, baik para penggiat/atlet, pengurus Inorga dan para pengurus KORMI OI. (ica)