16 Juni 2024

Pelangi Muba Peringkat 1 Forprov Sumsel Tahun 2023

PALEMBANG|KoranRakyat co.id—-PERKUMPULAN Pelayang Seluruh Indonesia (Pelangi) Sumatera Selatan sukses melaksanakan rangkaian pertandingan dan perlombaan layang layang FORPROV I 2023 yang di selenggarakan tanggal 27 – 30 September 2023 di Kawasan JSC Palembang. Kontingen Kabupaten Muba berhasil menempati peringkat 1 dalam perolehan medali inorga Pelangi dengan meraih 3 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Ketua Pelangi Sumsel, Eka Subakti, SE, Sabtu 30 September 2023 menyampaikan, Forprov I Pelangi diikuti 53 pegiat, pelatih dan official. Mereka berasal dari Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, PALI, Muara Enim, OKU, dan OKU Selatan. Memperebutkan 7 kategori nomor pertandingan.

Hasil peringkat i Pelangi MUBA menempati peringkat 1 dengan perolehan 3 emas, 2 perak, 2 perunggu. Lalu peringkat 2 di tempati OKU dengan perolehan 1 emas, 3 perak, 1 perunggu, di susul peringkat 4 OKU Selatan dengan 1 emas, 1 perak. Peringkat 5 Muara Enim 1 emas, 2 perunggu, PALI memperoleh 1 emas di peringkat 6 dan Ogan Ilir berada di peringkat ke 7 dengan perolehan 1 medali perunggu dari nomor pertandingan layangan aduan junior umur 7 – 12 tahun.

Terkait masuknya nomor aduan junior dalam FORPROV I bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pelajar sekolah dasar untuk gemar berolahraga dan memperkenalkan Pelangi sebagai Inorga yang akan menjaring, membina dan mengembangkan kapasitas kemampuan pegiat layang layang pelajar secara teknik permainan dan mensosialisasikan pemahaman bermain layang layang yang aman tanpa menyebabkan gangguan pada jaringan listrik PLN, Telkom bahkan potensi gangguan jalur penerbangan udara, ujar Eka Subakti.

Pelangi Sumsel akan memperjuangkan dan mengusulkan kategori aduan junior umur 7 – 12 tahun agar masuk dalam nomor pertandingan di FORNAS VIII tahun 2025, tambah Eka.

Sementara itu pegiat layang layang kota Palembang tidak bisa mengikuti FORPROV I berdasarkan hasil kesepakatan bersama official dan peserta dalam forum Technical Meeting karena tidak memenuhi syarat kepesertaan.

Lebih lanjut Eka Subakti menerangkan bahwa pelaksanaan FORPROV I akan segera di evaluasi dan di laporkan kepada KORMI Sumsel dan Pimpinan Pusat Pelangi serta menjadi bahan untuk merumuskan rencana kerja tahun 2024 sebagai upaya mendukung terciptanya SDM unggul di masa datang. (*/ica)