16 Juni 2024

Giliran Hendry Kalahkan Atal, Rebut Ketum PWI Pusat Periode 2023-2028

BANDUNG|KoranRakyat co.id—-Setelah melalui proses yang alot, akhirnya Hendry Ch Bangun terpilih secara demokrasi sebagai Ketua Umum (Ketum) PWI Pusat periode 2023-2028. Pemilihan tersebut dilaksanakan di arena Kongres XXV PWI, EL Hotel Bandung, Jawa Barat, Selasa malam 26 September 2023. Kemenangan Hendry Ch Bangun ini merupakan revans atas Atal S Depari yang mengalahkannya pada Kongres XXIV di Solo tahun 2018 lalu.

Usai pemilihan, Ketua PWI OI, Fredi Kurniawan dan beberapa pengurus lainnya, sempat menyapa dan berfoto dengan Hendry Ch Bangun di arena kongres, pada Rabu dini hari 27 September 2023.

Agenda Kongres PWI XXV ini juga mendengarkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang disampaikan Ketua Umum PWI Pusat periode 2018 – 2023, Atal S Depari. Sedangkan agenda utamanya yakni pemilihan ketua umum yang diikuti 38 PWI Provinsi se Indonesia.

Pada Kongres XXV PWI ini muncul 3 calon Ketua Umum PWI Pusat yakni incumbent Atal S Depari sebagai pendaftar pertama, lalu Hendry Ch Bangun (mantan anggota Dewan Pers) dan Zulmansyah (Ketua PWI Riau).

Pemilihan yang berlangsung demokratis itu, diawali dengan pemaparan visi misi ketiga calon.

Dalam pemungutan suara secara voting dengan total 88 suara. Pada putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara. Sementara Hendry meraih 39 suara dan Zulmansyah memperoleh 9 suara.

Dengan demikian dilakukan pemilihan putaran kedua yang bertarung Atal S Depari melawan Hendry Ch Bangun.

Pada putaran kedua, saat penghitungan terjadi susul menyusul perolehan suara cukup ketat, seperti terjadi pada putaran pertama. Namun Hendry berhasil mengungguli Atal dengan raihan 47 suara, sedangkan Atal memperoleh 41 suara.
Terlihat 9 suara yang sebelumnya memilih calon yang gugur, Zulmansyah, 8 diantaranya beralih memilih Hendry, dan hanya satu suara yang memilih Atal. Dengan demikian Hendry Ch Bangun terpilih menjadi Ketum PWI Pusat.

Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dibuka Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta. Adapun mereka yang hadir di istana masing-masing peserta dari provinsi tiga orang: ketua, sekretaris, ketua DK dan beberapa pengurus pusat.”

Kongres PWI 2023 yang berlangsung dua hari, 25 – 26 September 2023, selain memilih ketua umum, juga membahas dan menetapkan program kerja.

Pada kongres lima tahun lalu di Kota Solo, Jawa Tengah, dalam proses pemilihan terbuka Atal Sembiring Depari berhasil meraih suara terbanyak.

Sedangkan di Kongres XXV tahun 2023 yang dilaksanakan di Kota Bandung ini, selaku petahana Atal tetap maju menjadi calon ketua umum, dan kali ini ia dikalahkan Hendry Ch Bangun, yang lima tahun lalu dikalahkannya

“Alhamdulillah, Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan PWI Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI kedepannya. Pemilihan yang berlangsung demokratis dapat dijadikan contoh sebuah demokrasi dan PWI sebagai rumah bersama, PWI harus semakin kompak dan solid,” ujar Hendry usai pemilihan. (ica)