21 Juli 2024

Tambah Wawasan PWI OI Kunjungi Redaksi PR dan PWI Bandung

BANDUNG|KoranRakyat co.id—-Memanpaatkan waktu selama mengikuti Kongres PWI XXV di Bandung Jawa Barat, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ogan Ilir (OI), Selasa 26 September 2023, berkunjung ke Redaksi Surat Kabar Pikiran Rakyat (PR), media tertua di Bumi Parahiyangan. Selanjutnya juga berkunjung ke PWI Kota Bandung. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan para anggota PWI OI.

Rombongan PWI OI yang dipimpin Ketuanya, Fredi Kurniawan tiba di Kantor Harian Umum Pikiran Rakyat yang berlokasi Jalan Asia Afrika 77, Bandung, sekitar pukul 10.00 WIB.

Fredi Kurniawan antara lain didampingi Dewan Penasihat yakni HM Syarifuddin Basrie, H Iklim Cahya, Sardinan Delisep dan Sarono P Sasmito, serta para pengurus dan anggota PWI OI lainnya, yang berjumlah 37 orang.

Rombongan PWI OI ini diterima Pimred Pikiran Rakyat, Hazmirullah yang kebetulan juga berasal dari Ogan Ilir.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Redaksi Pikiran Rakyat yang telah menerima kunjungan PWI Ogan Ilir. Bagi kami kunjungan tersebut akan menambah wawasan tentang pers,” kata Fredi.

Fredi mengungkapkan bahwa media Pikiran Rakyat cukup familiar di Ogan Ilir. “Kami banyak mendengar tentang media Pikiran Rakyat karena memang beritanya sampai ke Ogan Ilir dan merupakan media lokal yang menasional. Anggota PWI Ogan Ilir juga ternyata ada yang memiliki hubungan keluarga dengan pimpinan redaksi Pikiran Rakyat,” kata Fredi lagi.

Ada informasi yang menarik dalam pertemuan ini. Pikiran Rakyat memiliki link yang luas dengan pemangku kebijakan baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Setiap pemberitaan yang ditayangkan selalu ada solusi penyelesaian. Contoh, terkait jalan rusak, pagi diberitakan siang sudah diperbaiki. Ini sungguh luar biasa.”

Sedangkan Dewan Penasihat PWI Ogan Ilir, HM Syarifuddin Basrie berharap silaturrahim PWI OI dengan media Pikiran Rakyat ke depan dapat terjalin baik berkat kunjungan ini.

Syarifuddin juga mengungkapkan ingin ada suatu kerjasama dengan Pikiran Rakyat sebagai salah satu media besar di Indonesia.

“Kerjasama, tukar pikiran, gagasan, ini perlu untuk menambah wawasan kita. Apalagi sekarang era digital, perlu penyesuaian tertentu dan PWI Ogan Ilir perlu juga belajar, salah satunya dari Pikiran Rakyat,” kata wartawan senior ini.

Di tengah pertemuan, tiba-tiba menyempatkan hadir Direktur Pikiran Rakyat, Tia Yuniarti. Ia menyambut hangat kunjungan PWI OI ini. Tia yang lama di AS ini ternyata juga berasal dari OI.

Selain Pemimpin Redaksi Hazmirullah, juga hadir Redaktur Radio PRFM, Rifki Abdul Fahmi dan Manager Area Radio PRFM, Bayu Pratama.

Hazmirullah menyambut hangat dan mengaku senang dengan kunjungan PWI Ogan Ilir.
Pria asal Kecamatan Tanjung Batu ini sejak tahun 1997 merantau ke Bandung hingga akhirnya menduduki jabatan Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat.

Hazmir mengungkapkan bahwa Pikiran Rakyat merupakan salah satu media tertua di Jawa Barat.

Cikal bakal media harian umum ini dimulai pada tahun 1939 saat Sang Proklamator Ir Soekarno membuat tabloid Pikiran Rakyat.

20 tahun setelah kemerdekaan RI tepatnya pada tahun 1965, Pikiran Rakyat berafiliasi dengan Kodam III/Siliwangi.

Namun setahun kemudian, Pikiran Rakyat berdiri secara independen pada 24 Maret 1966.

“Jadi usia Harian Umum Pikiran Rakyat itu sudah 57 tahun,” ujar Hazmi.

Sebagai salah satu media harian yang eksis di Indonesia, Pikiran Rakyat terus berkembang hingga sajian beritanya dapat dibaca oleh masyarakat Sumatera Selatan, termasuk Ogan Ilir.

“Semoga silaturahim kita senantiasa terjaga, tidak hanya sebatas kunjungan ini saja,” harap Hazmi.

Dalam pertemuan tersebut, Wanhat PWI OI Sarono P Sasmito dan Iklim Cahya serta Ketua SMSI OI, Yudi Purwadi, mengharapkan ada tindak lanjut berupa kerjasama kongkret antara Pikiran Rakyat dengan PWI OI.

Setelah mengunjungi Media Pikiran Rakyat, PWI OI selanjutnya menyambangi Kantor PWI Kota Bandung. Rombongan PWI OI diterima sejumlah pengurus senior PWI Kota Bandung yang dipimpin H Ferri Ardiansyah, Wakil Ketua PWI Kota Bandung.

Pada pertemuan tersebut , beberapa informasi berharga yang disampaikan oleh Pengurus PWI Kota Bandung, yakni terjalinnya kerjasama dengan sejumlah pihak baik instansi pemerintah, BUMN/BUMD, juga dengan Perguruan Tinggi yang ada di Kota Bandung.

Kerjasama tersebut antara lain dalam bentuk sebagai narasumber, pembiayaan kegiatan peningkatan kapasitas wartawan, serta beasiswa pendidikan untuk wartawan dan keluarganya. “Jadi kontribusi yang diberikan oleh PWI Bandung kepada para anggotanya bukan semata dalam bentuk fresh money, tapi juga dalam bentuk fasilitas lainnya.

Selain itu PWI Kota Bandung juga memiliki unit usaha Koperasi dan Lembaga Bantuan Hukum yang juga melayani narasumber dan masyarakat. (ica)