20 Mei 2024

YLBH Sejahtera Hadir di Muara Enim, Siap Berikan Bantuan Hukum Gratis

MUARA ENIM | Koranrakyat.co.id – Guna memberikan bantuan hukum gratis bagi masyarakat tidak mampu di Kabupaten Muara Enim, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Sejahtera Palembang Sriwijaya atau lebih dikenal dengan sebutan YLBH Sejahtera kini kembali hadir di Bumi Serasan Sekundang.

YLBH Sejahtera merupakan Badan Hukum yang sah dan satu-satunya lembaga pemberi bantuan hukum Terakreditasi A di Provinsi Sumatera Selatan serta masuk 10 besar peringkat Nasional dari Kementerian Hukum dan HAM sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 ayat 2 Undang-undang Bantuan Hukum Nomor 16 Tahun 2011.

Dengan membuka kantor perwakilan atau Koordinator Wilayah (Korwil) di Kabupaten Muara Enim beralamat di Jalan Dr AK Gani No 72 RT 001 RW 002 Kelurahan Tungkal Kota Muara Enim dan telah menjalin kerjasama dengan Pemkab Muara Enim melalui Bagian Hukum dalam pemberian bantuan hukum gratis bagi masyarakat tidak mampu. YLBH Sejahtera siap memperjuangkan keadilan untuk semua di Kabupaten Muara Enim.

“Alhamdulilah, melalui YLBH Sejahtera Korwil Muara Enim ini, kita siap memperjuangkan keadilan bagi masyarakat tidak mampu di Kabupaten Muara Enim,” tutur Ketua YLBH Sejahtera Korwil Muara Enim, Siswanto, SE, SH, MH, CMLC, C. Med didampingi Sekretaris YLBH Sejahtera Korwil Muara Enim, Sumarwan Tri Putra, SH, MH saat dibincangi, Jumat (14/07/2023).

Selain memberikan bantuan hukum gratis, terang Siswanto, YLBH Sejahtera Korwil Muara Enim juga mengagendakan program penyuluhan hukum bagi pelajar dan masyarakat dengan menggandeng berbagai instansi di Kabupaten Muara Enim.

“Kita berharap melalui kegiatan penyuluhan hukum dapat menambah wawasan pelajar dan masyarakat umum, sehingga lebih sadar dan taat terhadap aturan atau hukum yang berlaku,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, YLBH Sejahtera Korwil Muara Enim juga memberikan layanan informasi bantuan hukum gratis melalui Whatsapp (WA) di nomor 0831-2962-9498 dan 0896-0937-0261.

Sementara itu, Direktur YLBH Sejahtera Palembang Sriwijaya Wanida, SH, MH didampingi Penanggung jawab sekaligus Pembina YLBH Sejahtera Korwil Muara Enim Eka Octha Reza, SH, MH, M.Kn mengucapkan selamat atas terbentuk YLBH Sejahtera Korwil Muara Enim. Semoga bisa memberikan manfaat dan keadilan bagi semua masyarakat di Kabupaten Muara Enim.

Wanida mengatakan, YLBH Sejahtera Palembang Sriwijaya sebagai Kantor Pusat akan terus mendukung setiap progam yang diagendakan YLBH Sejahtera Korwil Muara Enim seperti pemberian bantuan hukum gratis, penyuluhan hukum serta kegiatan sosial lainnya.

Wanita yang sedang menempuh pendidikan Doktor ini juga menerangkan bahwa, YLBH Sejahtera Palembang Sriwijaya sekarang ini masuk 10 besar peringkat nasional dengan Akreditasi A dari Kementerian Hukum dan HAM.

Dirinya juga menerangkan, bahwa YLBH Sejahtera sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan Pemkab Muara Enim dalam pemberian bantuan hukum gratis pada 2017, 2018 dan 2019 lalu. Dirinya mengucapkan terima kasih, tahun 2023 kembali bisa menjalin kerjasama dengan Pemkab Muara Enim.

“Alhamdulillah, tahun ini kita bisa kembali menjalin kerjasama dengan Pemkab Muara Enim. Semoga kita bisa menegakkan keadilan bagi semua di Bumi Serasan Sekundang,” tutupnya. (*)