4 Februari 2023

Muba Siap Bila Ditunjuk Menjadi Tuan Rumah MTQ-P Tahun 2024

SEKAYU|KoranRakyat co.id – KETUA Harian LPTQ Sumsel, Drs KH Mudrik Qori, MA bersama rombongan, Rabu 25 Januari 2023 melakukan silaturahmi dan audiensi dengan Pj Bupati Muba, H Apriadi di ruang tamu Kantor Pemkab Muba, Sekayu.

Pada kesempatan yang penuh keakraban tersebut, Mudrik Qori menawarkan kepada Kabupaten Muba untuk menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi (MTQ-P) Sumsel tahun 2024. Atas tawaran tersebut, Apriadi menyatakan kesiapannya bila Muba memang ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ-P tahun 2024 tersebut.
“Pada prinsifnya kami siap, bila memang Muba ditunjuk oleh Pak Gubernur untuk menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Sumsel tahun 2024. Dan tentu kami berupaya menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Apriadi.

Selain itu KH Mudrik Qori juga mengingatkan tentang tindak lanjut surat edaran Gubernur Sumsel terkait dengan pembumian Alquran di Sumsel, khususnya di Bumi Serasan Sekate, Muba. Surat edaran tersebut antara lain berisikan pembentukan LPTQ Kecamatan, LPTQ desa/kelurahan, dan LPTQ unit di sekolah-sekolah mulai SD hingga ke Perguruan Tinggi.

Kemudian mengenai kewajiban mengaji sekitar 15 menit saat mulai bekerja dan mulai belajar, magrib mengaji, serta persyaratan masuk SLTP minimal sudah tamat Iqro 6.

Mudrik juga meminta supaya kepengurusan LPTQ Muba yg saat ini sudah kadaluarsa supaya segera dibentuk yang baru.

Menanggapi apa yang disampaikan Ketua Harian LPTQ Sumsel ini, Pj Bupati Muba, H Apriadi, menjelaskan bahwa apa-apa yang tertuang dalam edaran Gubernur,l Sumsel, mengenai syiar dan pembumian Alquran di Muba. Menurutnya, sejak surat edaran tersebut diterima, sudah ada yang dilaksanakan secara bertahap dan terus berproses hingga saat ini. Termasuk menganggarkan dana sebesar Rp 1,5 M untuk pembinaan qori qoriah.

Mengenai harapan dan usulan Muba menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi 2024, Apriadi menyatakan kesiapannya. Bila memang ditunjuk menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Sumsel tahun 2024, pada prinsifnya Muba siap. “Silahkan dikoordinasikan dengan Pak Gubernur, kalau Beliau setuju, Muba siap dan akan menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Apriadi.

Sedangkan kepengurusan LPTQ Muba yang baru, sudah dalam proses, dan sebelum pelaksanaan STQH Muba 12 Februari 2023, insya Allah sdh rampung, tukasnya.

Ikut hadir dlm pertemuan tersebut, Kabag Kesra Muba, KH Opi Palopi, MA, Muhammad Albar dan Ust Nizar dari Kemenag Muba, serta pejabat terkait lainnya. Sedangkan dari LPTQ Sumsel, hadir Wakil Ketua Harian H Ahmad Iskandar Zulkarnaen, Lc, M.Ag, Ketua II Ki Abdul Gofar, Sekretaris I Ir Muchlis Umar, Kabid IT, Publikasi dan Dokumentasi (ITPubdok), Drs H Iklim Cahya, MM, serta Kabid Perencanaan, Pemberdayaan, dan Fasilitasi, Eko Arisandi, S.Pd. (ica)

Lewat ke baris perkakas