4 Februari 2023

Cabor Taekwondo OI Gelar Tes Fisik

INDRALAYA, KoranRakyat co.id – TAEKWONDO, salah satu cabang olahraga (cabor) andalan Kabupaten Ogan Ilir (OI), menggelar tes fisik/kebugaran bagi para atletnya. Tes yang berlangsung di Taman Pancasila Kelurahan Timbangan tersebut, diikuti 80 orang atlet laki-laki dan perempuan.

Menurut Pelatih Taekwondo OI, Dr Syamsudin, M.Pd didampingi Asistennya, Ratu Yuliana, S.Pd dan Azimi, S.Pd, MM, yang ditemui di Taman Pancasila, Senin pagi 23 Januari 2022, tes fisik atau tes kebugaran tersebut sebagai langkah awal, untuk dimulainya pelaksanaan pemusatan latihan berjalan, guna menyiapkan para atlet Taekwondo untuk Porprov tahun 2023 di Lahat, ujarnya.

” Ini langkah awal untuk mengetahui tingkat kebugaran atlet. Mana yang masih di bawah standar, mana yang sdh memenuhi standar minimal, dan mana yang di atas standar. Sehingga dapat diketahui beban latihan untuk masing-masing atlet.

Ditambahkan Syamsudin, pengalaman selama ini menunjukkan, kalau atlet tersebut fisiknya di atas standar, maka peluangnya untuk meraih medali sangat besar. Tapi tentu pola dan metode latihan yang dilaksanakan ini, harus memperhatikan tingkat kebugaran atlet, supaya bisa maksimal, ujar Syamsudin.

Menurut catatan, selama empat kali mengikuti Porprov, dari tahun 2015 -2021, cabor Taekwondo selalu mempersembahkan medali, termasuk medali emas bagi kontingen OI.

Ke depan juga, pada Porprov 2023 nanti di Kabupaten Lahat, Syamsudin berharap Taekwondo tetap mempersembahkan medali emas. Sehingga tradisi emas taekwondo ini tidak terputus, harapnya.

Karena itu Syamsudin sangat berharap, adanya suport optimal baik dari Ketua Pengcabor Taekwondo maupun dari Ketua KONI OI.

Menurut rencana pelaksanaan Porprov tahun 2023 akan digelar di Kabupaten Lahat, pada bulan September 2023 mendatang, tapi ada kemungkinan dipercepat mengingat adanya agenda politik. (ica)

Lewat ke baris perkakas