4 Februari 2023

PS Ogan Ilir Wakili Sumsel di Ajang Nasional

INDRALAYA|KoranRakyat co.id – Persatuan Sepakbola Kabupaten Ogan Ilir (PSOI) U-15, berhasil keluar sebagai juara I pada kejuaraan Piala Soeratin U-15 zona Sumsel tahun 2022. Dengan prestasi ini maka PSOI berhak mewakili Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada kejuaraan serupa di tingkat nasional yang diagendakan pada bulan Februari 2023 mendatang.

Prestasi tersebut juga tercatat sebagai sejarah baru, karena untuk pertama kalinya klub sepakbola OI bertanding di level nasional, sejak kabupaten OI berdiri.

Kemenangan tersebut menjadi kado manis bagi OI yang tanggal 7 Januari 2023 nanti akan berulang tahun yang ke 19 tahun. Sekaligus juga kado ultah Bupati OI Panca Wijaya Akbar yang ke 31, bersamaan dengan hari pertandingan bersejarah PSOI tersebut, 19 Desember 2022.

Dalam pertandingan final, di Stadion Caram Seguguk, Tanjung Senai Indralaya, Senin sore 19 Desember 2022 itu, PSOI berhasil mengalahkan seterunya PS Palembang dengan score tipis 1 : 0.

Menurut Coach Dayat, gol PSOI diciptakan oleh kapten tim, Aldi melalui titik putih pada menit ke 7, menyusul hands ball pemain Palembang di kotak terlarang.

Setelah gol ini, kedua tim melakukan jual beli serangan, sehingga permainan makin seru. Ditambah kedua tim mengerahkan para pendukungnya, sehingga suasana di tribun makin semarak.

Juara Piala Soeratin U-15 Zona Sumsel ini, bagi OI merupakan yang pertama kali semenjak Ogan Ilir berdiri tahun 2004 lalu. Dan prestasi ini mengantarkan, PSOI mewakili Sumsel, untuk berlaga di ajang nasional. Piala Soeratin tingkat nasional direncanakan berlangsung pada bulan Februari 2023 mendatang, ujar coach Dayat.

Kemenangan PSOI ini bukan hanya disambut gembira para pemain dan tim official. Juga disambut hangat oleh Bupati Panca Wijaya Akbar, Wabup H Ardani, Kapolres AKBP Andi Baso, Ketua PN OKI/OI, Ketua Askab PSSI OI, Sunarto serta Ketua KONI H Aswan Mufti yang hadir menyaksikan pertandingan.

Bupati Panca Wijaya Akbar memberi apresiasi terhadap PSOI, juga berterimakasih karena telah berhasil mengharumkan nama OI. Bupati berharap supaya tim PSOI terus berlatih dan menyiapkan diri secara maksimal untuk menyongsong pertandingan berikutnya di tingkat nasional.

Bupati Panca Wijaya Akbar, berjanji akan mensuport penuh tampilnya PSOI di kancah nasional tersebut.

Hal yang sama juga dinyatakan Ketua KONI OI, H Aswan Mufti yang pada event ini didapuk menjadi Manajer PSOI.

Kejuaraan Piala Soeratin tahun 2022 ini diikuti 9 klub dari lima kabupaten/kota. Dalam perjalanannya sejak 9 Desember 2022 lalu, PSOI memang belum pernah kalah baik di babak penyisihan maupun di semi final. Pada level gruf, PSOI juara begitu juga pada babak semifinal dan final. Sehingga keluar sebagai Champion Piala Soeratin U-15 Tahun 2022 zona Sumsel ini. (ica)

Lewat ke baris perkakas