4 Februari 2023

Rhoma Irama “Sihir” Ribuan Penggemar Dangdut

TANJUNG SENAI|KoranRakyat co.id – RIBUAN penggemar musik dangdut di Ogan ilir (OI) dan sekitarnya , seperti tersihir atas penampilan si Raja Dangdut Rhoma Irama, yang menggoyang kawasan Tanjung Senai Indralaya, Sabtu malam 7 Januari 2023.

Walau Bumi Caram Seguguk OI, sempat diguyur hujan, tapi animo penonton untuk datang menyaksikan show nada dan dakwah Rhoma Irama bersama Soneta, masih tetap tinggi. Show tersebut dalam rangkaian perayaan HUT OI ke 19 Tahun 2023.

Rhoma Irama yang tampil prima selama 1,5 jam secara non stop, membawakan 18 lagu karya ciptanya yang sudah akrab di telinga penggemar dangdut.

Di panggung undangan, terlihat antara lain Bupati Panca Wijaya Akbar, Wabup H Ardani, AW Noviadi, serta KH Mudrik Qori yang kenal akrab dengan Rhoma Irama. Beberapa tahun lalu Rhoma sempat diundang menghadiri resepsi pernikahan putri Kiai Mudrik. Saat itu Rhoma Irama menyampaikan tausiyah, dan kemudian didaulat membawakan beberapa lagu.

Bupati Panca Wijaya Akbar yang menyampaikan pidato didampingi Wabup Ardani mengatakan, kehadiran Rhoma Irama lengkap dengan OM Soneta, tiada lain dimaksudkan untuk menghibur masyarakat di moment HUT OI ke 19 ini.
“Ini sesuai janji saya, bahwa merayakan HUT OI ke 19 tahun ini, harus lebih meriah dibanding tahun lalu,” ujarnya.

Panca mengajak masyarakat bergembira, namun tetap harus menjaga keamanan dan ketertiban, pintanya.

Rhoma Irama bersama personel Soneta termasuk penari latar, naik panggung sekitar pukul 21.00 Wib. Rhoma membuka penampilannya dengan lagu “Menunggu”, yang mendapat sambutan meriah dari penggemarnya yang memenuhi lapangan OI Expo, tempat panggung show berdiri.

Tercatat sebanyak 18 lagu didendangkan Bang Haji sapaan akrab Rhoma Irama. Walau sudah berusia hampir kepala 8, Rhoma Irama yang mengenakan baju kebesaran warna putih dengan sal hijau, tampil secara nonstop dengan suara stabil. Dibuka dengan lagu ; “Menunggu” dan diakhiri dengan lagu ; ” In syaa Allah.”

Diantara lagu yg dibawakan Rhoma Irama antara lain ; Hai Apa Kabar, Judi, Adu Domba, Mirasantika, Perjuangan dan Doa, Dara Muda, 275 Juta Penduduk Indonesia, dan Ani.

KoranRakyat yang ikut menyaksikan show dengan membaur langsung bersama ribuan massa penonton, merasakan bahwa penggemar Rhoma Irama cukup tertib. Tidak ada desak-desakan, kendati banyak juga yang ikut bergoyang. Bahkan banyak diantara mereka ikut bernyanyi, sesuai dengan lagu yang didendangkan sang Raja Dangdut.

Tepat pukul 22.30 Rhoma Irama mengakhiri show-nya dengan menyanyikan lagu “In Syaa Allah.”

Walau terasa kurang lama, tapi para penonton yang datang dari seluruh penjuru OI, bahkan juga ada dari luar OI, cukup puas.

“Nyesal siapo yang idak nonton,” ujar Erni yang malam itu ikut bergoyang di depan panggung.

“Aii kami kiro Tanjung Senai ujan, karno di Tanjung Rajo ujan, laju kami idak pegi,” ujar seorang penggemar Rhoma dengan nada menyesal. (ica)

Lewat ke baris perkakas