4 Februari 2023

Kota Lubuklinggau Tuan Rumah STQH Sumsel 2023

PALEMBANG|KoranRakyat co.id – Pelaksanaan kegiatan Seleksi Tilawatil Al-Quran dan Hadits (STQH) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2023 akan digelar di Kota Lubuklinggau pada pertengahan Mei 2023 mendatang.

Kepastian tersebut setelah perwakilan Biro Kesra Pemprop Sumsel, LPTQ Sumsel dan Pemkot Lubuklinggau, menggelar pertemuan di Lubuklinggau akhir November 2022 lalu.

Demikian dikatakan Ketua Harian LPTQ Sumsel, Drs KH Mudrik Qori, MA menjawab media ini, di Palembang baru-baru ini.

Menurutnya, sejatinya STQH Tingkat Provinsi Sumsel ini akan dilaksanakan di Kabupaten Empat Lawang, tetapi karena sesuatu hal, Pemkab Empat Lawang menyatakan belum siap untuk menjadi tuan rumah kali ini. Lalu kemudian pihaknya bersama Biro Kesra Setdaprop Sumsel menawarkan kepada kabupaten/kota lain untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan STQH tersebut. Setelah sekian lama menunggu, alhamdulillah Kota Lubuklinggau yang dipimpin Walikota Drs H Prana Sohe, MM menyatakan kesediaannya, ujar Mudrik Qori.

Untuk itulah utusan Biro Kesra Sumsel yang langsung dipimpin Karo Kesra Drs H Abdul Hamid, M.Si bersama Wakil Ketua Harian LPTQ Sumsel, Ust H Ahmad Iskandar Zulkarnain dan Dedi Irama, melakukan rapat koordinasi dengan Pemkot Lubuklinggau. Dalam rapat tersebut disepakati pembagian kerja antara tuan rumah Kota Lubuklinggau, Biro Kesra, dan LPTQ Sumsel, guna suksesnya pelaksanaan agenda tahunan tersebut, ujar Kiai Mudrik Qori.

Sementara Sekretaris LPTQ Sumsel, Ust H Agus Jaya, Lc, M.Hum menambahkan, untuk suksesnya STQH pihaknya telah menyiapkan tahapan kerja yang harus dilakukan. Termasuk membuat tata tertib dan cabang yang akan dilombakan. Kemudian juga akan merekrut dan membuka pendaftaran dewan hakim STQH secara online. Langkah-langkah ini mengadopsi apa yang telah dilakukan oleh LPTQ Nasional saat MTQN 2022 lalu, ujar Agus Jaya.

Ia menambahkan dijadwalkan pada minggu kedua bulan Januari 2023, akan dilakukan survei dan monitoring lokasi lomba, yang melibatkan tiga pilar yakni Biro Kesra Sumsel, Kanwil Kemenag, dan LPTQ.

Guna suksesnya pelaksanaan STQH tahun 2023 ini, baik Mudrik Qori maupun Agus Jaya, berharap partisipasi dan peran serta dari semua pihak yang terkait. (ica)

Lewat ke baris perkakas