4 Februari 2023

Diskusi 19 Tahun Ogan Ilir di Mata Publik

INDRALAYA|KoranRakyat co.id – TANGGAL 7 Januari 2023, Kabupaten Ogan Ilir (OI) berusia 19 tahun. OI diresmikan berdirinya tanggal 7 Januari 2004 oleh Mendagri atas nama Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat itu.

Seperti yang sudah-sudah, menyongsong hari jadi OI, digelar berbagai kegiatan sebagai manifestasi rasa syukur atas berdirinya kabupaten yang bergelar Bumi Caram Seguguk tersebut.

Diantara kegiatan yang digelar dalam rangka HUT OI ke 19 tahun ini, yakni pameran dan bazar, kegiatan olahraga, kegiatan keagamaan, kegiatan seni dan hiburan rakyat, juga pada puncaknya digelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka peringatan HUT OI tersebut.

Seiring dengan HUT OI tahun 2023, dua wartawan senior di OI, HM Syarifuddin Basrie, S.Ikom dan Drs H Iklim Cahya, MM menggagas menggelar diskusi panel dengan topik ; “19 Tahun Ogan Ilir di Mata Publik.”

Dijadwalkan diskusi tersebut pada hari Selasa tanggal 3 Januari 2023, mulai pukul 13.30 – 17.00 Wib. Acara diskusi dipusatkan di Markas Besar Surat Kabar Agung Post Gruf, Komplek Griya Cipta Utama Indralaya.

Menurut Syarifuddin Basrie, mempertimbangkan waktu dan efektifnya jalannya diskusi, maka peserta diskusi hanya sebanyak 12 orang yang diundang. Tiga diantaranya sebagai nara sumber yakni Sekda OI H Muhsin Abdullah, ST, MT, MM. Kemudian Drs Saudi Berlian, M.Si (Akademisi, Budayawan), dan Drs H Iklim Cahya (Mantan Ketua DPRD OI, Wartawan).

Pola diskusi akan mengadopsi seperti di acara ILC yang masing-masing peserta diberi kesempatan untuk bicara atau menyampaikan penilaiannya. Sebagai moderator percayakan kepada HM Syarifuddin Basrie

Diskusi tersebut nantinya akan ditayangkan melalui Channel Siaran Agungpost Group Podcast Puyang Sabar. Dan hasil diskusi ini, juga akan disampaikan kepada Bupati OI, Panca Wijaya Akbar.

Para peserta yang diundang terdiri dari akademisi, wartawan, tokoh masyarakat/tokoh adat, tokoh wanita, ulama, wirausaha, seniman, dan politisi.

Ditambahkan Syarifuddin Basri, yang juga akrab disapa Puyang Sabar, kegiatan diskusi ini untuk mewarnai HUT OI, dan diharapkan melalui diskusi ini banyak pemikiran-pemikiran yang bermanfaat bagi daerah.(ica)

Lewat ke baris perkakas