4 Februari 2023

Banyak Potensi Pedangdut, Tinggal Kuatkan Pembinaan

DARI pagelaran Festival Dangdut (FD) tahun 2022 yang diselenggarakan Dewan Kesenian Ogan Ilir (DKOI) dan Pemkab OI, ternyata cukup banyak penyanyi dangdut (pedangdut) yang potensial di rahim Bumi Caram Seguguk ini.

Tampilan mereka rata-rata menjanjikan, mulai dari suara hingga penguasaan panggung. Dalam FD yang digelar di Gedung Serbaguna Caram Seguguk I Komplek Perkantoran Pemkab lama, 21 – 22 Desember 2022, sebanyak 74 pedangdut putra putri berpartisipasi. Diantaranya ada 6 orang kategori anak-anak.

Penampilan mereka bukan hanya mampu menghibur penonton, tapi menginformasikan bahwa di Ogan Ilir cukup banyak penyanyi dangdut yang potensial untuk menjadi pedangdut profesional.
Diantara mereka memang ada yang tergabung dalam Komunitas Dangdut Ogan Ilir. Tapi umumnya mereka hanya hobby dan masih bersifat autodidak.

Diyakini bila mereka ini dibina secara intensif oleh pelatih yang berkompeten di bidang olah vokal dan musik, maka bukan tidak mungkin setiap tahun ada yang bisa bersaing dalam lomba-lomba di ajang nasional seperti D’Academy Indosiar atau Kontes Dangdut Indonesia (KDI) di MNC-TV atau event-event sejenis lainnya.

Niatan untuk pembinaan tersebut, sudah terpateri di kepengurusan DKOI yang dipimpin Drs Khairul Kaswan. Karena saat ini sejumlah pengurus memang memiliki keahlian di bidang lagu, vokal dan musik. Ditambah lagi saat ini DKOI sudah memiliki gruf musik sendiri, yang personel/pemainnya juga tergabung dalam DKOI.

Selain itu juga dukungan Pemkab OI dengan bupati yang masih muda dan cinta seni, Sekda yang juga memiliki talenta di bidang musik, serta dukungan dari penggemar musik dangdut yang sangat banyak.

Maka bila dipoles dengan dana yang memadai, dan ada orang yang focus mengurusnya dengan sungguh-sungguh, maka para pedangdut alami ini diyakini akan mampu mengharumkan Kabupaten Ogan Ilir di blantika musik dangdut Indonesia. Terbukti kendati belum masuk posisi tiga besar, sudah ada beberapa penyanyi asal OI yang tampil membanggakan. Satu diantaranya yakni Udin yang masuk 6 besar Rising Star Dangdut. (ica)

Lewat ke baris perkakas