4 Februari 2023

Bilal Bintang Lapangan Piala Soeratin 2022

KEJUARAAN Piala Soeratin U-15 Tahun 2022 zona Sumatera Selatan (Sumsel) telah berakhir, dengan menorehkan jawara baru yakni Persatuan Sepakbola Ogan Ilir (PSOI).

PSOI selanjutnya akan mewakili Sumsel di kancah nasional pada kejuaraan lanjutan, Piala Soeratin U-15 tersebut, medio Februari 2023 mendatang.

Melihat perjalanan PSOI pada turnamen zona Sumsel yang digelar di Stadion Caram Seguguk Tanjung Senai Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI), 9 – 19 Desember 2022 lalu, catatan apik PSOI adalah belum pernah terkalahkan dalam 6 laga hingga babak final. Ini prestasi yang luar biasa, mengingat lawan-lawan yang mereka hadapi kekuatannya setara.

Dan salah satu pemain PSOI yang memiliki andil secara significan dalam kejuaraan tersebut diantaranya Bilal Mustofa. Bilal begitu akrab ia disapa, berasal dari Desa Tebing Gerinting OI, namun ia numpang lahir di Tangerang tanggal 10 Mei 2007. Saat itu ayahnya Saidi bekerja di sebuah perusahaan di kota dekat Jakarta itu.

Bilal saat ini masih bersekolah di SMAN 1 Indralaya (Satrya), dan untuk menajamkan kemampuannya di bidang sepakbola, ia memilih bergabung dengan SSB Ogan Ilir 32 Timbangan yang di asuh Coach Hidayat, karib Saidi ayahnya.

Bilal belajar main sepakbola sejak kelas 4 SD tahun 2017, dan ia rutin latihan dan ikut bertanding hingga saat ini. Karena itu tak heran bila ia menjadi andalan PSOI.

Bilal yang suka menggunakan nomor punggung 8 ini diplot pelatih sebagai gelandang serang. Kendati bukan sebagai striker, namun Bilal tetap jadi andalan untuk mencetak gol. Gol-golnya juga seringkali terlihat indah, dengan sepakannya yang tajam. Pada kejuaraan Piala Soeratin tersebut, Bilal menyumbang dua gol yakni saat melawan Persila Lahat dan OI United. Golnya ke gawang OI United sangat indah, yang diciptakannya dengan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti.

Telah cukup banyak prestasi yang diukir Bilal selama ini, dan prestasi tersebut diyakini akan terus bertambah mengingat usianya baru 15 tahun. Asalkan Bilal terus dibina dan menjaga kemampuan fisik dan tehniknya.

Adapun prestasi Bilal Mustopa yang tercatat hingga saat ini yaitu :

1). Juara 2 Piala Menpora – Haornas U12 tingkat Kabupaten OI thn 2018
2). Juara 1 Festival U11 Komunitas SSB Se Ogan Ilir thn 2018
3). Juara 2 Festival U12 Palembang Soccer thn 2019
4). Juara 3 pra Liga Sriwijaya U14 thn 2021
5). Juara 2 BLISPI Super League Indonesia U14 Zona Sumsel thn 2022
6). Juara 3 BLISPI Super League Indonesia U14 tingkat Nasional thn 2022
7). Juara 1 Piala Kemerdekaan U15 di Prabumulih thn 2022
8). Juara 1 Porkab III Ogan Ilir cabang Sepak Bola thn 2022
9). Juara 1 Turnamen Sepak Bola U15 Tanjung Raja Cup thn 2022

Bilal bercita cita menjadi pemain sepak bola profesional, dan bisa berseragam nasional. Nah untuk mencapai cita-cita tersebut, selain dari motivasi pribadi yang kuat, juga harus didukung oleh keluarga, klub, PSSI, KONI dan Pemerintah. Semoga kelak cita-cita Bilal bisa terwujud. (ica)

Lewat ke baris perkakas