4 Februari 2023

Maharani Juara Festival Dangdut Ogan Ilir 2022.

INDRALAYA | Koran Rakyat co.id – FESTIVAL Dangdut Tahun 2022 yang digelar Dewan Kesenian Kabupaten Ogan Ilir (DKOI) bekerjasama dengan Pemkab OI, Kamis sore 22 Desember 2022, ditutup Sekda H Muhsin Abdullah, ST,MT, MM mewakili Bupati Panca Wijaya Akbar. Sebelum menutup acara Muhsin didaulat mendendangkan sebuah lagu dangdut. Ia pun membawakan lagu “Ikan dalam Kolam” secara cukup apik.

Diakhir acara Dewan Juri mengumumkan para pemenang festival, melalui pembacaan SK oleh Sekretaris DKOI, Eddy Wahyudin, S.Sos.

Dari jumlah peserta sebanyak 70 orang dari 14 kecamatan yang berpartisipasi, dewan juri memilih Maharani utusan Kecamatan Indralaya Utara sebagai pemenang/juara I. Lalu untuk Juara II juga direbut utusan Indralaya Utara atas nama Aulia Dea Safitri, sedangkan Juara III direbut oleh Leo Juliansyah dari Kecamatan Tanjung Raja.

Dewan Juri yang terdiri dari Ismail Mahyuza, Rusdi Hasir, Nasrullah, Muryani dan Udin Pule, juga memilih para pemenang/juara harapan. Mereka yang terpilih sebagai pemenang harapan yakni Maqfiroh (Pemulutan Barat), Arwadi (Payaraman), dan Tohirin (Tanjung Batu). Selain itu juga ada pemenang kategori anak-anak.

Para pemenang ini mendapatkan tropi, piagam penghargaan, dan hadiah uang dari DKOI, yang diserahkan Sekda Muhsin Abdullah, dan didampingi Ketua DKOI, Drs Khairul Kaswan.

Hadir dalam sesi penutupan antara lain Asisten II Nursamsu Alamsyah dan Asisten III Johanas, Sekdin Disporpa Bahruz Syarif, Kabid Kebudayaan Dikbud, Rita, Anggota TKPP yang juga Wanhat DKOI, Iklim Cahya serta para undangan lainnya.

Sekda Muhsin Abdullah berterimakasih atas terselenggaranya festival dangdut tersebut, karena telah membantu Pemkab OI dalam menyalurkan hobbi sebagian masyarakat di bidang musik dan lagu dangdut. Sehingga potensi-potensi dapat terpantau dan terjaring, untuk bisa dibina lebih lanjut DKOI, harapnya.

Sementara Ketua DKOI, Drs Khairul Kaswan dalam laporannya mengatakan, Festival Dangdut ini digelar dalam rangka menyongsong HUT Ogan Ilir ke 19 tahun. Dengan tujuan untuk mencari dan menjaring potensi-potensi penyanyi dangdut, yang diharapkan ke depan mampu menjadi penyanyi profesional, guna mengharumkan nama OI.

Ditambahkan Kaswan, sebanyak 70 peserta yang terdaftar mengikuti acara ini, dari 14 kecamatan di OI, minus kecamatan Muarakuang dan Rantau Alai yang absen peserta.

Festival Dangdut tersebut, lanjut Kaswan, semuanya menggunakan SDM DKOI, mulai dari kreasi panggung, alat dan pemain musik, termasuk 5 orang dewan juri diambil dari pengurus DKOI yang memiliki kemampuan.

Acara Festival Dangdut ini juga dimeriahkan kolaborasi antara musik, tanjidor, sarofal anam dan tarian, sehingga sangat semarak.

Para pemenang Festival Dangdut insyaallah akan ditampilkan pada malam puncak HUT OI nanti.

Festival Dangdut tersebut digelar selama dua hari, tanggal 21 – 22 Desember 2022, bertempat di Gedung Serba Guna Caram Seguguk I Komplek Perkantoran Pemkab OI (lama), Indralaya.

Menurut Ketua Panpel, Drs Rusdy Effendy, peserta maksimal berusia 30 tahun yang mewakili kecamatan di Ogan Ilir.

Dalam Festival dangdut tersebut, Panitia menyediakan 10 lagu wajib untuk masing-masing kategori. Lagu wajib pria yakni Zubaidah, Sonia, Cinta Pasti Kembali, Gadis Malaysia dan Citra Cinta. Kemudian Kodrat, Masih Adakah Cinta, Tak Sebening Hati, Gadis Pantura dan Air Mata Perkawinan.

Sedangkan lagu wajib untuk wanita/putri masing-masing ; Cinta Dunia Akhirat, Kejam, Payung Hitam dan Si Kecil. Kemudian Laksamana Raja di Laut, Kunanti di Pintu Surga, Cinta Benang Emas, Jera, Sunyi, dan Janji. (ica)

Lewat ke baris perkakas