4 Februari 2023

Pemenang Festival Dangdut akan Ditampilkan pada Pesta Rakyat HUT OI

INDRALAYA | Koran Rakyat co.id – Festival Dangdut Tahun 2022 yang digelar Dewan Kesenian Kabupaten Ogan Ilir (DKOI), Rabu 21 Desember 2022, dibuka Bupati OI yang diwakili Asisten I Bidang Pemkesra, Dicky Syailendra. Setelah memukul “beduk” tanda dibukanya Festival, Dicky langsung mendendangkan sebuah lagu dangdut.

Hadir dalam sesi pembukaan antara lain Pabung, Kapten Jauhari, Kasat Bimas Polres OI, Kabid Kebudayaan Dikbud OI, Rita serta Anggota TKPP, Iklim Cahya.

Dicky Syailendra memuji festival dangdut tersebut, bahkan dia minta agar pemenang 1 festival dapat ditampilkan pada acara pesta rakyat HUT OI nanti.

Pada hari pertama festival, tampil 35 peserta yang mayoritas tampil baik bahkan ada yang memukau. Mereka yang belum tampil akan ditampilkan hari kedua festival, Kamis 22 Desember 2022 mulai pukul 09.00 Wib.

Sementara Ketua DKOI, Drs Khairul Kaswan dalam laporannya mengatakan, Festival Dangdut ini digelar dalam rangka menyongsong HUT Ogan Ilir ke 19 tahun. Dengan tujuan untuk mencari dan menjaring potensi-potensi penyanyi dangdut, yang diharapkan ke depan mampu menjadi penyanyi profesional, guna mengharumkan nama OI.

Ditambahkan Kaswan, sebanyak 100 peserta yang terdaftar mengikuti acara ini, dari 14 kecamatan di OI, minus kecamatan Muarakuang dan Rantau Alai yang absen peserta.

Festival Dangdut tersebut, lanjut Kaswan, semuanya menggunakan SDM DKOI, mulai dari kreasi panggung, alat dan pemain musik, termasuk 5 orang dewan juri diambil dari pengurus DKOI yang memiliki kemampuan. Mereka masing-masing Ismail Mahyuza, Muryani, Rusdi Hasir, Nasrullah dan Udin Pule. Kaswan menjamin objektifitas para dewan juri tersebut.

Acara pembukaan ini juga dimeriahkan kolaborasi antara musik, tanjidor, sarofal anam dan tarian, sehingga sangat semarak.

Asisten I Sekda, Dicky Syailendra mengatakan, Pemkab OI menyambut baik diselenggarakannya acara tersebut, yang digagas Dewan Kesenian Ogan Ilir. Karena, lanjut Dicky, Bupati Panca Wijaya Akbar sangat concern dengan hal-hal yang sifatnya mengembangkan dan mengangkat potensi masyarakat.

Apalagi dalam tahun 2022 ini, Kabupaten OI, telah menorehkan sejumlah prestasi yang cukup membanggakan. Beberapa waktu lalu OI dinobatkan sebagai juara umum MTQ tingkat provinsi. Dan ini untuk yang pertama kalinya. Begitu juga beberapa hari lalu, Tim Sepakbola U-15 meraih juara 1 Piala Suratin zona Sumsel. Dengan prestasi tersebut maka tim OI akan tampil pada Piala Suratin di tingkat nasional.

Dicky juga mengatakan, prestasi OI di bidang seni juga tergolong baik. Sudah banyak tropi dan penghargaan yang didapat melalui seni budaya tersebut.

Ia berharap acara tersebut dapat berjalan lancar dan sukses. Dan bagi para pemenang 1 putra dan putri sebaiknya ditampilkan pada malam puncak HUT OI. Bila perlu diduetkan dengan artis ibukota yang akan memeriahkan acara, ujar Dicky.

Sehari sebelum lomba telah dilakukan pengambilan nada, dan juga dilakukan Technical Meeting (TM), serta pengarahan dari Ketua Panpel Festival Dangdut, Drs Rusdy Effendy, Ketua DKOI, Drs Khairul Kaswan, dan Ketua Komite Seni Teater DKOI, Drs Ismail Mahyuza.

Festival Dangdut tersebut digelar selama dua hari, tanggal 21 – 22 Desember 2022, bertempat di Gedung Serba Guna Caram Seguguk I Komplek Perkantoran Pemkab OI (lama), Indralaya.

Menurut Ketua Panpel, Drs Rusdy Effendy, peserta yang mendaftar maksimal usia 30 tahun yang mewakili 16 kecamatan se Ogan Ilir (OI).

Festival dangdut tersebut terbagi untuk kategori putra dan putri. Panitia menyediakan 10 lagu wajib untuk masing-masing kategori. Lagu wajib pria yakni Zubaidah, Sonia, Cinta Pasti Kembali, Gadis Malaysia dan Citra Cinta. Kemudian Kodrat, Masih Adakah Cinta, Tak Sebening Hati, Gadis Pantura dan Air Mata Perkawinan.

Sedangkan lagu wajib untuk wanita/putri masing-masing ; Cinta Dunia Akhirat, Kejam, Payung Hitam dan Si Kecil. Kemudian Laksamana Raja di Laut, Kunanti di Pintu Surga, Cinta Benang Emas, Jera, Sunyi, dan Janji.

Saat lomba, lanjut Rusdy, para peserta akan diiringi musik secara live yakni “OM DeKa Musik” milik DKOI. Para pemenang akan diambil 6 orang untuk juara 1, 2, dan 3, serta juara harapan 1, 2, dan 3 yang masing-masing akan mendapatkan tropy, sertifikat, dan uang pembinaan.(ica)

Lewat ke baris perkakas