5 Februari 2023

Hari Ini Utusan Sumsel di Cabang KTIQ dan MFQ Tanding di Semi Final

BANJARMASIN|KoranRakyat co.id – PESERTA/ utusan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di dua cabang yakni cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (KTIQ) atau yang juga disebut Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Quran (MMQ) dan cabang Musabaqah Fahmil Al-Quran (MFQ) pada MTQN XXIX di Kalsel, hari ini Minggu 16 Oktober 2022 bertanding di babak semi final.

Menurut Pelatih Cabang KTIQ, Muhammad Amin, informasi tersebut disampaikan Dewan Hakim KTIQ yang diketuai Prof Dr H. Asep Saefulah Muhtadi, MA pada hari Sabtu sore, 15 Oktober 2022 kemarin.

Adapun kedua peserta dari Sumsel yang berhak tampil di babak semifinal KTIQ tersebut adalah Abqoriyyin Hisan (KTIQ putra) dan Lia Dwi Utami (KTIQ putri). Babak semifinal tersebut masing-masing diikuti sebanyak 6 putra dan 6 putri. Dari pengumuman yang dilansir Dewan Hakim cabang KTIQ, Abqoriyyin Hisan menempati rangking 1, sedangkan Lia Dwi Utami rangking 2.

Babak semifinal lomba cabang KTIQ tersebut digelar Minggu 16 Oktober 2022 di Aula Kampus Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) di Banjar Baru, Kalsel.

Pada babak semi final ini para peserta akan kembali menulis dengan tema yang berbeda dengan tulisan yang disajikan pada saat babak penyisihan. Bila keduanya berhasil maju ke final maka akan mempresentasikan karya tulis yang telah dibuat tersebut, di hadapan para dewan hakim cabang KTIQ. Kemudian juga akan ada sesi tanya jawab untuk menguji sejauh mana kemampuan para finalis menguasai karya tulis ilmiah Alquran yang telah mereka buat.

Sementara itu peserta cabang Musabaqah Fahmil Al-Quran (MFQ) putra yang lolos ke babak semi final juga akan tampil hari ini, Minggu 16 Oktober 2022 di Gedung KH Idham Kholid, Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjar Baru.

Tim Sumsel yang beranggotakan M Fadlul Amal, Ahmad Azka An Nabil, serta Ahmad Zain Ardilah pada babak semifinal ini akan bertemu dengan tim yang kemampuannya berimbang yakni Jawa Barat (Jabar) dan Sumatera Barat (Sumbar). Tapi menurut pelatih Fahmil Sumsel, Ust H Ahmad Iskandar Zulkarnaen, tim Sumsel tidak gentar dan akan berupaya maksimal meraih nilai tertinggi. Untuk itu diharapkan para kafilah yang tidak berlomba, dapat memberikan suport dengan menonton langsung babak semifinal MFQ tersebut, harapnya. (ica)

Lewat ke baris perkakas