4 Februari 2023

Tim Fahmil Putra Sumsel Melaju ke Semi Final MTQN

BANJARMASIN |KoranRakyat. co.id – TIM putra cabang Musabaqah Fahmil Al-Quran (MFQ) Sumsel, melaju ke babak semi final pada ajang MTQ Nasional (MTQN) XXIX Kalsel, setelah pada babak penyisihan berhasil menjadi pemenang.

Babak penyisihan MFQ berlangsung, Kamis 13 Oktober 2022 di Gedung Idham Kholid Kantor Gubernur Kalsel. Tim putra MFQ Sumsel yang terdiri dari M Fadlul Amal, Ahmad Azka An Nabil dan Ahmad Zain Ardilah meraih nilai tertinggi yakni 1.775 , mengalahkan dua pesaingnya dari Provinsi Kepulauan Riau dan Gorontalo.

Babak penyisihan cabang Fahmil Alquran yang juga sering disebut lomba cepat tepat Al-Quran tersebut, berlangsung dalam dua babak yakni babak 10 soal untuk masing-masing regu, serta 12 soal rebutan. Untuk soal regu semuanya mampu dijawab oleh tim Fahmil Sumsel. Tim putra MFQ kembali akan bertanding di babak semi final pada hari Minggu 16 Oktober 2022 mendatang. Sumsel akan berhadapan tim kuat Sumbar dan Jabar.

Turut menyaksikan kemenangan Tim Fahmil putra ini, Ketua Harian LPTQ Sumsel KH Mudrik Qori serta Ust Ahmad Iskandar Zulkarnaen, pelatih cabang MFQ.

Selain cabang MFQ pada hari pertama dimulainya perlombaan MTQN XXIX, Kamis 13 Oktober 2022, juga diperlombakan cabang Musabaqah Syarhil Al-Quran (MSQ) putri. Lalu cabang khotil Al-Quran (seni kaligrafi) putra, cabang Tahfiz Al-Quran 20 juz, cabang Tafsir Alquran Bahasa Indonesia, cabang MMQ putra /KTIA (Karya Tulis Ilmiah Al-Quran), cabang tartil putri, qiroat muratal remaja, serta cabang tilawah dewasa putra.

Sampai berita ini ditulis, cabang Syarhil Al-Quran putri yang diperkuat ; Amanda Febrianti, Farah Mutia Sumitha, dan Dwi Cantika Lutfiah juga memiliki nilai kategori tinggi. Begitu juga untuk tahfiz 20 juz putri atas nama Nyanyu Nur Fauzah. Sedangkan hasil lomba lainnya masih belum diketahui, karena belum ditayangkan oleh pihak panitia.

Acara perlombaan MTQN dimulai tanggal 13 Oktober 2022 sampai tanggal 18 Oktober 2022 yang dipusatkan di 12 venue /lokasi yang tersebar di Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, dan Kota Banjarmasin.

Peserta dari Sumsel datang dengan full tim yakni sebanyak 54 peserta yang akan berlomba pada 8 cabang dan 23 golongan putra/putri. (ica)

Lewat ke baris perkakas