5 Februari 2023

Wagub Sumsel Hadiri Pembukaan MTQN

BANJARMASIN | KoranRakyat. co.id – PERHELATAN nasional Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional (MTQN) XXIX Tahun 2022 di Bumi Banua Kalimantan Selatan (Kalsel), akan dibuka Wapres H Makruf Amin, Rabu 12 Oktober 2022 pukul 19.00 Wita. Sejumlah kepala daerah akan hadir dalam acara dua tahunan tersebut, dan dari Sumsel hadir Wagub, H Mawardi Yahya.

Saat ini Wagub Mawardi Yahya sudah berada di Banjarmasin. Selain Wagub Mawardi Yahya, juga sudah stay di ibu kota Kalsel tersebut, Kakanwil Kemenag Sumsel, Dr Syafitri Irwan, Plt. Asisten I Sekda, H Edward Candra yang juga Ketua Umum LPTQ Sumsel, Karo Kesra H Abdul Hamid, serta Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori. Mereka akan menghadiri opening ceremony MTQN XXIX yang dipusatkan di Kiram Park Kabupaten Banjar, yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Banjarmasin.

Mengisi waktu menjelang pembukaan MTQN tersebut, H Edward Candra dan Syafitri Irwan, menyambangi markas kafilah MTQ Sumsel di Hotel Tree Park Banjarmasin.

Pada kesempatan tersebut baik Edwar Candra maupun Syafitri Irwan didaulat untuk memberikan motivasi kepada para kafilah Sumsel. Edward didampingi Karo Kesra H Abdul Hamid.

Dalam motivasinya, Edward minta kepada para peserta untuk bersikap ikhlas, dengan nawaitu bahwa keikutsertaan pada MTQN tersebut sebagai ibadah kepada Allah SWT. Edward juga berharap para peserta melepas beban yang tidak perlu, sehingga bisa tampil enjoy saat di mimbar. Hal lain yang Edwar minta diperhatikan dengan sungguh-sungguh adalah kesehatan peserta. Edwar minta Tim Kesehatan kafilah untuk pro aktif dalam melayani peserta.

Sedangkan Kakanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan lebih menekankan pentingnya rasa percaya diri saat tampil dalam lomba. Dia yakin secara kemampuan para peserta sudah memadai karena hasil pilihan dari tingkat kabupaten hingga provinsi. Namun menurutnya hal yang juga penting diperhatikan adalah sikap mental dan sikap confidence. Pola pikir yang positif dan rasa percaya diri yang kuat, in syaa Allah akan memaksimalkan kemampuan saat tampil di panggung MTQN, ujarnya.

Sementara pada Selasa malam, 11 Oktober 2022, Ketua Harian LPTQ Sumsel, Drs KH Mudrik Qori, MA dan Kakanwil Kemenag Sumsel, Dr Syafitri Irwan, menghadiri malam ta’aruf yang diselenggarakan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor di area objek wisata air, Taman Siring KM 0 Banjarmasin.

Malam ta’aruf adalah tradisi yang diselenggarakan menjelang pembukaan MTQ Nasional, merupakan malam ramah tamah dan jamuan makan yang diselenggarakan oleh tuan rumah MTQN. Acara tsb dihadiri perwakilan kafilah dari setiap provinsi yang merupakan peserta MTQN. MTQN di Kalsel merupakan yang ke 29.

Nampak hadir dalam malam ta’aruf MTQN XXIX di Kalsel, selain Gubernur H Sahbirin Noor dan jajaran, juga nampak Prof Dr KH Said Aqil Husein Al-Munawar, serta Sekretaris LPTQ Pusat, dan para bupati/walikota se Bumi Banua.

Dalam pidatonya, Sekretaris LPTQ Pusat mengatakan, MTQ Nasional merupakan ajang silaturrahmi dan ukhuwah islamiyah, karena dalam moment ini hadir perwakilan setiap provinsi dari Sabang sampai Merauke. Sebab itu moment MTQN dapat dijadikan sarana untuk merekatkan Indonesia.(ica)

Lewat ke baris perkakas