5 Februari 2023

Agus Jaya Terpilih Menjadi Dewan Hakim MTQ Nasional

H. AGUS JAYA, Lc, M.Hum, Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumsel, masuk dalam barisan Dewan Hakim yang bertugas di MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalimantan Selatan. Pelantikan Ustadz H Agus Jaya, Lc, M.Hum bersama Dewan Hakim lainnya, Hakim Pengawas serta Panitera dilakukan oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, Rabu 12 Oktober 2022 di Bumi Banua Kalsel. Selain Agus Jaya juga dilantik Hj Ondiana dan Hj Lailatul Mu’jizat. Ketiganya mewakili Provinsi Sumatera Selatan.

Menurut Agus Jaya yang dihubungi setelah dilantik, dirinya ditugaskan untuk hakim cabang Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIA). Agus Jaya semasa muda dulu pernah menjadi juara nasional cabang MMQ tersebut. Sedangkan Hj Ondiana menjadi hakim untuk cabang tilawah, sementara Hj Lailatul Mu’jizat untuk cabang tahfiz.

Agus Jaya alumni Ponpes Al-Ittifaqiah Indralaya, dan Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, memang selama ini menekuni bidang karya tulis ilmiah Al-Quran. Bahkan dia pernah juara tingkat nasional. Kemampuannya tersebut terus dipeliharanya, dengan mengajarkannya kepada santri-santrinya di Ponpes Pena Kita Sakatiga. Berkat tangan dinginnya banyak para muridnya tersebut yang juga menjadi juara, baik di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional.

Dewan Hakim MTQN XXIX ini diketuai oleh putra asal Sumsel yakni Prof DR KH Said Aqil Husein Al-munawar (mantan Menteri Agama RI), sementara Hakim Pengawas dipimpin Prof DR KH Nazaruddin Umar. Dewan Hakim dan Hakim Pengawas ini akan bertugas selama pelaksanaan lomba-lomba MTQ dari tanggal 13 – 18 Oktober 2022. Tentu tampilnya Ust Agus Jaya dan kawan-kawan yang dipercaya menjadi Dewan Hakim MTQ Tingkat Nasional tersebut, juga menjadi kebanggaan bersama baik bagi LPTQ maupun masyarakat Sumatera Selatan. Kita doakan semoga mereka sukses dalam menjalankan tugas. (iklim cahya)

Lewat ke baris perkakas