5 Februari 2023

Kafilah MTQ Sumsel Tiba di Kalsel, Target 10 Besar Nasional

BANJARMASIN | KoranRakyat co.id – KAFILAH Sumatera Selatan (Sumsel) yang dipimpin Ketua Harian LPTQ Sumsel, Drs KH Mudrik Qori, MA, Minggu 9 Oktober 2022 sekitar pukul 13.00 Wita tiba di Bumi Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Mudrik Qori dan rombongan disambut Laison Officer (LO) kafilah Sumsel diwakili Sekretaris Dinas Kehutanan Kalsel, Warsita, S.Hut, MP dengan pengalungan sal serta iringan musik bernuansa islami.

Kedatangan kafilah Sumsel tersebut dalam rangka mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQ N) XXIX, 10 – 19 Oktober 2022.

Setelah dilepas secara resmi oleh Gubernur H Herman Deru di Griya Agung, Sabtu 8 Oktober 2022. Lalu pada Minggu pagi 9 Oktober 2022, sebelum boarding kafilah Sumsel dijamu oleh EGM PT Angkasa Pura Bandara SMB II, R Iwan Winaya Mahdar. Jamuan dipusatkan di Ruang Tunggu Keberangkatan Internasional Bandara SMB II Palembang. Selain itu EGM R Iwan Winaya Mahdar juga memasang spanduk dan baleho di semua LED bandara. Turut hadir Ketua Pengurus Masjid Al-Mathoor Bandara SMB II, Agung Jaya Wiratama.

Dari Banjarmasin Kalsel, Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori, memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Sumsel, termasuk yang diperantauan, kiranya kafilah Sumsel dapat memenuhi target minimal masuk 10 besar nasional.

Target tersebut sudah digariskan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, sebagaimana disampaikan Gubernur H Herman Deru dan Wagub H Mawardi Yahya. ” Saya berharap kita bisa memperbaiki prestasi di MTQ Nasional secara significan. Bila perlu meraih juara I, tapi setidaknya masuk 10 besar pada MTQ Nasional 2022 di Kalsel ini,” ujar Gubernur saat melepas kafilah Sumsel.

Memang pada MTQ Nasional ke 28 di Padang Sumatera Barat tahun 2020, prestasi kafilah MTQ Sumsel anjlok/merosot. Saat itu Sumsel hanya menempati peringkat 24.

Guna memenuhi target 10 besar nasional tersebut, maka LPTQ Sumsel dibawah arahan KH Mudrik Qori, terus bekerja keras dengan cara melaksanakan TC (pemusatan latihan) secara kontinyu, baik secara online (virtual) maupun secara offline (tatap muka).

Pelatihan tersebut diikuti 54 peserta yang akan berlomba pada 8 cabang dan 23 golongan MTQ. Artinya Sumsel pada MTQN di Kalsel nanti akan mengikuti semua cabang dan golongan yang diperlombakan. Kemudian juga untuk lebih maksimalnya persiapan, TC juga dilaksanakan di Jakarta dengan menghadirkan pelatih-pelatih nasional.

Kiai Mudrik juga dalam berbagai kesempatan, selalu mengajak dan mengingatkan para peserta TC, untuk mengikuti pelatihan tersebut secara serius, disiplin, dan mengedepankan akhlaqul karimah. Supaya ilmu yang didapat akan barokah, serta meraih prestasi yang diharapkan.

Ditambahkannya untuk meraih target 10 besar nasional, selain melaksanakan TC secara berkesinambungan tersebut. Pihaknya juga memohon suport dan doa dari seluruh masyarakat Sumsel. Ia berharap Pemkab/Pemkot melalui LPTQ Kab/kota juga dapat memasang spanduk dukungan hingga ke kecamatan-kecamatan. Begitu juga hendaknya ikut memberi suport dan motivasi terhadap peserta MTQN yang berasal dari daerah yang bersangkutan.

Kiai Mudrik juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas bimbingan dan suport dari Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Wagub H Mawardi Yahya, Sekda SA Supriono, Ketua Umum LPTQ Sumsel, H Edward Candra, Kakanwil Kemenag Sumsel Dr Irwan Syafitri, serta semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materil. (ica)

Lewat ke baris perkakas