5 Februari 2023

Gubernur Minta Kafilah Jaga Nama Baik Sumsel

PALEMBANG | KoranRakyat. co.id – GUBERNUR Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, SH, MM meminta kafilah Sumsel yang akan mengikuti MTQ XXIX Nasional di Kalimantan Selatan tanggal 10 – 19 Oktober 2022, agar menjaga nama baik daerah.

Pesan dan harapan tersebut disampaikan Gubernur Herman Deru ketika melepas kafilah Sumsel di Istana Gubernur, Griya Agung Palembang, Sabtu pagi 8 Oktober 2022.

(ist)

“Jaga sikap dan prilaku, cara berpakaian dan juga penampilan. Selama MTQN berlangsung agar kafilah menjaga nama baik Sumsel, karena akan diperhatikan seluruh utusan provinsi se Indonesia,” pinta orang nomor satu Sumsel tersebut.

Selain itu, Gubernur juga minta supaya kafilah menjaga kesehatan, pola makan, mengatur waktu tidur dan istirahat, serta aktifitas lainnya. Masalah kesehatan fisik dan psikis peserta, agar menjadi prioritas. Untuk itu Gubernur minta agar Tim Kesehatan kafilah benar-benar memperhatikan masalah kesehatan peserta, ujarnya.

Ditambahkanya ke depan LPTQ perlu merancang pembinaan terhadap ahlul quran secara intensif. Karena secara kuantitas bibit unggul SDM bidang Alquran begitu banyak di Sumsel. ” Kita batu mulia tetapi kurang diasah dan juga kurang yang mengasah. Karena itu perlu dirancang sistem Training Of Trainers (TOT) yang melahirkan pelatih-pelatih tangguh untuk mengasaah petarung-petarung Alquran,” ujar Gubernur.

Ia juga minta agar prestasi Sumsel dapat naik secara siqnifican. Kalau bisa juara I, tapi setidaknya jangan kurang dari 10 besar, tuturnya.

Sementara Ketua Rombongan Kafilah Sumsel, Drs H Abdul Hamid, M.Si yang juga Karo Kesra Sumsel, melaporkan bahwa jumlah kafilah Sumsel yang berangkat ke MTQN di Kalsel sebanyak 107 orang terdiri dari peserta, pelatih, dan pendamping/pelayan.

Direncanakan kafilah Sumsel akan berangkat pada hari Minggu pagi tanggal 9 Oktober 2022 menggunakan pesawat City link. Dan baru kembali tgl 19 Oktober 2022.

Hadir dalam acara pelepasan tersebut antara lain Kakanwil Kemenag Sumsel, Dr Syafitri Irwan, EGM PT Angkasa Pura Bandara SMB II, R Iwan Winaya Mahdar, serta Kepala BDK Palembang, Dr Saefudin. (ica)

Lewat ke baris perkakas