26 April 2024

Gelar Juara Umum Indralaya Utara Dirasa Makin Sempurna

INDRALAYA | Koranrakyat.co.id – KONTINGEN Kecamatan Indralaya Utara (Intara) meraih predikat juara umum pada ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) III Kabupaten Ogan Ilir tahun 2022. Predikat juara umum ini semakin sempurna setelah cabor paling bergensi yakni Sepakbola juga dimenangkan oleh tim Intara. Kesebelasan Intara memupus harapan tim sepakbola Kecamatan Tanjung Batu pada partai final yang digelar di Stadion Caram Seguguk, Tanjung Senai, Kamis sore 29 September 2022.

Porkab III yang mempertandingkan 10 cabang olahraga berjalan lancar dan sukses, dan ditutup Wabup OI H Ardani, SH, MH usai pertandingan final sepakbola. Prestasi yang diraih Intara ini mengulangi prestasi yang sama pada Porkab I tahun 2016 lalu. Saat itu Intara juga keluar sebagai juara umum. Prestasi ini sekaligus mengandaskan harapan Kecamatan Indralaya mempertahankan juara Porkab II tahun 2018. Untuk Porkab III tahun 2022 ini, Kecamatan Indralaya harus puas sebagai runner up (juara II).

Pada Porkab III ini, Kecamatan Intara yang dipimpin Camat Syaiful Anwar, memperoleh 21 medali emas, 13 perak dan 11 perunggu. Intara menjadi pengumpul medali emas dan perak terbanyak dibanding 15 kecamatan lainnya peserta Porkab III tahun 2022 ini. Intara meraih medali emas terbanyak dari cabor Karate yakni 11 emas.

Sedangkan Kecamatan Indralaya yang dipimpin Camat Ahmad Lamsari memperoleh 15 medali emas, 11 perak dan 22 perunggu. Indralaya tercatat sebagai kontingen peraih medali perunggu terbanyak. Sedangkan raihan medali emas terbanyak mereka dulang dari cabor Taekwondo dengan 10 medali emas. Sementara di posisi ketiga (juara III) ditempati Kecamatan Pemulutan Barat (Pembar) yang saat ini dipimpin Camat Abu Rahmi. Pembar meraih 8 medali emas, 6 perak, dan 16 perunggu.

Pada Porkab III ini seluruh kontingen dari 16 kecamatan mendapatkan medali, walau hanya medali perunggu. Sebagai juru kunci (nomor 16) adalah Kecamatan Payaraman yang meraih 4 medali perunggu. Sedangkan untuk medali emas dan perak, nihil.

Kontingen Intara sebagai juara umum selain mendapat tropi bergilir dan tropi tetap, juga diberikan uang pembinaan dari KONI OI sebesar Rp 10 juta. Sedangkan untuk juara II, Indralaya mendapat tropi tetap dan uang pembinaan Rp 5 juta. Lalu juara III, Pembar memperoleh tropi tetap dan uang pembinaan Rp 2,5 juta. Tropi dan uang pembinaan tersebut diserahkan oleh Wabup H Ardani dan Ketua KONI, H Aswan Mufti dan diterima masing-masing Camat yang juga Ketua KONI Kecamatan.

Wabup Ardani berharap pengalaman dan prestasi yang diraih oleh para atlet selama Porkab III, agar dijadikan pelajaran serta motivasi guna meraih prestasi yang lebih baik lagi ke depannya. Terutama saat mengikuti Porprov Sumsel tahun 2023 mendatang, harap Ardani.

Sedangkan Ketua KONI OI, Aswan Mufti menambahkan, para atlet pemenang pada Porkab III ini sebagai cikal bakal untuk kontingen OI mengikuti Porprov Sumsel 2023, untuk itu diharapkan kepada pengurus cabor supaya terus menggembleng dan membina para atlet ini secara kontinyu, pinta Aswan. (ica)