5 Februari 2023

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Membuka MTQ XVI Tingkat Kota Tanjungpinang

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Membuka MTQ XVI Tingkat Kota Tanjungpinang

Senin, 21 March 2022

KEPRI l Koranrakyat.co.id – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Tanjungpinang ke-XVI resmi dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad di lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Minggu (20/3/2022). Dibukanya kegiatan dwi tahunan ini ditandai dengan ditekannya tombol sirine dan pemukulan kompang.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menyebutkan terlaksananya gelaran MTQ kota Tanjungpinang akan menjadi bahan evaluasi pendidikan Al-Quran yang dilakukan masyarakat. Gelaran ini sekaligus menjadi sarana pembinaan kehidupan beragama, keimanan, dan ketaqwaan.

“MTQ yang dimulai dari tingkat kelurahan bisa menjadi ajang pencarian bibit potensial yang mampu menjadi generasi Qurani, generasi yang mampu menginternalisasi nilai-nilai Al-Quran dengan baik,” ujar Gubernur Ansar.

Melalui perlombaan MTQ ini pula Gubernur Ansar berharap masyarakat kota Tanjungpinang bisa meningkatkan rasa persaudaraan dan silaturahmi, sekaligus memperkokoh ukhuwah islamiah yang kuat.

“Bersama-sama kita mengenalkan nilai-nilai Al-Quran di seluruh masyarakat kita,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang Rahma mengatakan di MTQ kota Tanjungpinang ke-XVI tahun ini Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah yang berlomba merupakan yang terbaik dari setiap kecamatan di Tanjungpinang. Nantinya setiap juara di MTQ kota Tanjungpinang akan menjadi perwakilan kota Tanjungpinang dalam gelaran MTQ tingkat Provinsi Kepri yang direncanakan digelar di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dengan mengusung tema “Melalui MTQ Bangun Generasi Qurani yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah Menuju Tanjungpinang yang Beradab dan Bermartabat”, Rahma berharap MTQ Tanjungpinang ke-XVI bisa mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Quran.

“Meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, serta juga yang sangat penting sebagai bentuk dakwah yang menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimat,” kata Rahma.

MTQ kota Tanjungpinang ke-XVI akan digelar dari tanggal 20 sampai 25 Maret 2022. Adapun cabang lomba yang akan dipertandingkan adalah cabang seni baca Alquran golongan tartil Quran, tilawah anak-anak, tilawah remaja, dan tilawah dewasa.

Selan itu, dilombakan juga cabang qiraat Alquran golongan qiraat Alquran Mujawwad dewasa, qiraat Alquran Murottal dewasa dan remaja. Cabang hafalan Alquran golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Kemudian, cabang fahm Alquran serta syarh Alquran golongan putera dan puteri, cabang seni kaligrafi Alquran terdiri atas golongan naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontemporer. Lalu cabang karya tulis ilmiah Alquran (KTIQ) dan dimeriahkan dengan perlombaan seni qasidah dan marawis.

Turut hadi dalam pembukaan tersebut Kepala Kejati Kepri Gerry Yasid, PJ. Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Eko Sumbaryadi, Ketua DPRD Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, Anggota DPRD Provinsi Kepri Lis Darmansyah, dan sejumlah perwakilan Forkompimda lainnya. (Dis)

Lewat ke baris perkakas