Harnojoyo Bagikan Masker kepada Penumpang BRT Trans Musi

PALEMBANG | Koranrakyat.co.id  – Walikota Palembang, Harnojoyo, memilih turun ke jalan guna melihat langsung aktifitas masyarakat yang masih bepergian menggunakan angkutan umum. Ternyata masih banyak warga Palembang yang tidak memakai masker sebagai pelindung diri.

Seperti yang dilakukan Selasa (24/3/2020) pagi, di dalam bus penumpang Trans Musi, Walikota langsung mengedukasi masyarakat agar terhindar dari wabah virus corona atau Covid-19, yang saat ini masih menjadi momok menakutkan. Satu persatu penumpang yang tak megnenakan masker, dibagikan langsung oleh walikota.

“Tadi kita mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, cuci tangan sudah melakukan aktivitas. Jika panas diatas 38 derajat celsius, untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas,” kata Harnojoyo, dalam keterangan yang diterima Intens.news.

Sebelumnya, Harnojoyo juga langsung melakukan pemantauan penyemprotan disinfektan di kawasan terminal, termasuk bus angkutan massal milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi, yang dilakukan penyemrotan cairan agar dapat meminimalisir potensi penyebaran Covid-19. “Kalau batuk pilek segera periksakan diri,” tegasnya.

Pemandang serupa juga kembali terjadi, Harnojoyo ingin langsung memberikan edukasi warganya, terutama bagi penumpang angkutan massal yang tidak mengenakan masker.

“Diperlukan sikap gotong royong dan peran kita semua, dengan mengurangi sosial distracing, sehingga virus tersebut tidak menyebar,” katanya.

Sementara itu, Anwar (38) Salah satu masyarakat yang berada di terminal Alang Alang Lebar (AAL), cukup tersentak, saat langsung dihampiri Walikota Palembang, lantaran tidak mengenakan masker. “Alhamdulilah ada masker yang diberikan,” katanya.

Hal senada diutarakan Iwan (28), salah satu sopir di Terminal ALL yang menyambut baik, pembagian masket untuk para sopir, dan sosialisasi tentang penyebaran virus Corona. “Tadi kami diberi pengetahuan, bagimana cara virus itu menyebar, dan bagaimana menjaga tidak terjangkit Corona,”tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa menerangkan bila, selain mengantisipasi, Pemkot juga melakukan pemantauan di posko-posko perbatasan, yang merupakan pintu masuk ke Kota Palembang.

“Tadi kita memastikan kesiapan posko Dishub, yang berada di daerah perbatasan,yang ada di Terminal Karya Jaya dan Terminal Alang-Alang Lebar, dan juga kita lakukan penyemprotan serta pembagian masker,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *