Sambut Kadatangan WNI dari Wuhan, Menkes : Kondisi Mereka Wajar-wajar Saja

NATUNA | Koranrakyat.co.id — Sebanyak 243 warga Indonesia yang di evakuasi dari Wuhan China, tiba Batam dengan menggunakan pesawat Batik Air, Minggu (02/02/2020). Kedatangan mereka disambut tim penanganan dari kementerian kesehatan, yang dimpimpin langsung oleh Menteri Kesehatan Dr Terawan Agus Putranto.

Dari vidio yang didapat populinews.com dari sumber Badan Penangulangan Bencana Nasional terlihat kondisi warga indonesia yang tinggal si sejumlah wilayah Wuhan dan sekitarnta tampak baik-bauk saja.

Tidak ada peralatan khusus yang dikenakan pada penumpang, hanya masker penutup hidung seperti biasa. Perlakuan khusus hanya tampak saat warga turun dari pesawat.

Sejumlah warga tampak antre teratur untuk mendapatkan perlakuan disemprot disinfektan (cairan khusus pembunuh kuman-red)
Dan dilakukan kembali cek kesehatan.

Setelah dinyatakan aman baru 238 WNI bersama tim penjemput diterbangkan ke Natuna menggunakan Pesawat TNI AU.

Kepada wartawan yang meliput langsung kedatangan warga Indonesia dari Wuhan di area bandara Raden Sajad Ranai Menteri kesehatan yang menyambut langsung menyatakan sebagai berikut :

“Saya harus pastikan sehat betul atau tidak, dari data seharusnya 245 orang ternyata yang sampai di Natuna 238 orang. Nanti saya cek lagi, tapi infonya 4 orang merasa sudah nyaman kerasan dan tak mau kembali ke indonesia. Sementara 3 lolos dan tidak boleh berangkat oleh otoritas RRT tidak Lolos screaning yg dilakukan oleh RRT sesuai standatrt internasional. Maka setelah mendarat di Natuna kita lakukan kembali pengecekan untuk memastikan kondisi warga Indonesia ini,” jelas Menkes. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *