Kepala BNBP: WNI dari Wuhan Dikirim ke Natuna Dinyatakan Sehat oleh WHO

NATUNA | Koranrakyat.co.id — Warga negara Indonesia yang dibawa ke Natuna ini adalah saudara kita sebangsa setanah air. Dimanapun mereka berada, berhak untuk mendapatkan perlindungan.

Demikian dikatakan Kepala BNPB RI, Letjen TNI, Doni Monardo kepada koranpeduli.com, Minggu (2/2/2020), sesaat sebelum peswat Hercules yang membawa WNI dari Wuhan tiba di Badara Natuna.

Dikatakan Pemerintah RI memulangkan mereka ke Indonesia untuk kembali ke keluarganya. Semua warga negara yang pulang ke Indonesia dari Wuhan telah lulus serangkaian cek kesehatan berstandar dunia (WHO) yang berlaku di semua negara di dunia.

Salah satunya, jika berdasarkan hasil pemeriksaan suhu tubuh mereka di atas angka 30 derajat, maka dia tidak boleh dipulangkan.

Kemudian mereka dikirim ke Natuna, bukan untuk diisolasi atau dikarantina. Mereka hanya diberikan tempat penampungan sementara. Disini (Natuna-red) mereka hanya menjalani observasi selama dua minggu. Setelah itu, mereka dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Sehubungan dengan itu, maka warga negara kita yang dipulangkan ini semuanya sehat, tidak perlu dikhawatirkan. Apalagi kementerian kesehatan di sini dibantu unsur TNI dan BNPB, telah melakukan penanganan observasi sesuai SOP,” ujar Doni,
Ia juga mengatakan dirinya sebagai Kepala Badan Penangulangan Bencana Nasional, bersama Menteri Kesehatan dan sejumlah jenderal aktif akan menyambut kedatangan pada WNI itu, dalam jarak dekat. Ini untuk membuktikan bahwa saudara kita ini sehat.

Selanjutnya mereka akan ditempatkan di tempat khusus dan steril untuk menjalani proses trauma healing. Penanganan ini dilakukan oleh sejumlah dokter ahli. ”Jadi sekali lagi saudara-saudara kita ini, bukan diisolasi. Yang ditangani hanya traumanya sebelum kembali kekeluarganya. Jadi tidak perlu dikawatirkan,” ujar Doni. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *